Cuaca Dingin Membeku di Spanyol Hambat Program Vaksinasi Covid-19

Agregasi VOA, · Selasa 12 Januari 2021 05:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 12 18 2342824 cuaca-dingin-membeku-di-spanyol-hambat-program-vaksinasi-covid-19-f9lSMqtdTA.jpg Foto: Reuters

BELUM juga pulih setelah dihantam hujan salju selama akhir pekan lalu, Madrid dan beberapa kota di sekitarnya kini menghadapi persoalan baru, yakni suhu udara yang luar biasa dingin hingga menghambat program Vaksinasi Covid-19 di negara tersebut.

Pada hari Senin (11/1), suhu menurun tajam hingga 1 derajat Celsius sehingga membekukan sebagian besar salju, yang mencapai ketinggian lebih dari 50 sentimeter di beberapa kawasan.

Hujan salju yang terjadi akhir pekan lalu itu merupakan yang terparah dalam 50 tahun terakhir. Akibatnya, sebagian besar wilayah tengah negara itu lumpuh.

Hampir 700 ruas jalan masih tertutup salju dan hanya bisa dilalui kendaraan dengan peralatan khusus. Pihak berwenang meminta orang-orang untuk menghindari perjalanan ke luar rumah yang tidak penting. Program vaksinasi virus corona terpaksa ditunda karena hambatan perjalanan.

Di Madrid, pihak berwenang mengimbau warga untuk menghindari penggunaan beberapa jalur yang telah berhasil dibersihkan oleh dinas perlindungan sipil dan batalion militer untuk ambulans dan kendaraan darurat. Mereka membersihkan jalur-jalur itu dengan menggunakan bajak salju dan buldoser.

Sebagian besar layanan umum utama kota tetap tutup pada hari Senin, termasuk pasar grosir utama, meskipun beberapa supermarket dan kios koran dibuka untuk pertama kalinya dalam tiga hari.

Sejumlah orang, beberapa terlihat mengenakan sepatu salju dan tongkat hiking, dengan hati-hati berjalan di atas salju yang mengeras menjadi es sebelum menghilang ke stasiun-stasiun kereta bawah tanah.

Kereta bawah tanah telah menjadi satu-satunya cara yang layak untuk berangkat ke tempat kerja. Kereta komuter di Madrid dan kereta api berkecepatan tinggi antara Barcelona dan Madrid akan dilanjutkan pada Senin malam, kata perusahaan kereta api nasional Renfe.

Bandara Madrid, yang telah ditutup sejak Jumat malam, mulai kembali beroperasi. Belasan pesawat, Senin (11/1), terlihat lepas landas atau mendarat. Menteri Transportasi Jose Luis Abalos, dalam sebuah wawancara dengan saluran televisi TVE, mengatakan, bandara itu akan beroperasi penuh pada Senin.

Meski demikian, sekitar 350.000 dosis vaksin Pfizer-BioNTech yang diperkirakan akan diterima Spanyol, Senin, di bandara Madrid harus dialihkan ke Vitoria, Spanyol Utara, di mana upaya yang sulit untuk mendistribusikannya ke berbagai penjuru negara melalui jalur darat sedang berlangsung.

Sekolah-sekolah ditutup pada Senin di wilayah Castilla La Mancha, Madrid, dan banyak daerah lain di Spanyol.

Setidaknya empat orang tewas akibat banjir bandang atau suhu rendah yang diakibatkan oleh Badai Filomena. Badai salju itu juga membuat lebih dari 1.500 orang terjebak di dalam kendaraan mereka, beberapa di antaranya bahkan hingga selama 24 jam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini