Kasus Covid-19 Pertama Akhirnya Ditemukan di Gorila

Susi Susanti, Koran SI · Selasa 12 Januari 2021 07:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 12 18 2342860 kasus-covid-19-pertama-akhirnya-ditemukan-di-gorila-5L5YcD2tom.jpg Foto: EPA

SAN DIEGO – Kasus Covid-19 pertamanya akhirnya ditemukan di gorila. Delapan kera besar ini dinyatakan tertular virus corona di Kebun Binatang San Diego.

Beberapa gorila di Taman Safari Kebun Binatang San Diego telah dites positif terkena virus corona. Ini diyakini sebagai kasus pertama yang diketahui di antara primata di Amerika Serikat (AS) dan mungkin di dunia.

Direktur eksekutif kebun binatang Lisa Peterson mengatakan delapan gorila yang hidup bersama di taman itu diyakini mengidap virus dan beberapa telah batuk.

Tampaknya infeksi itu berasal dari anggota tim perawatan satwa liar taman yang juga dites positif terkena virus tetapi tidak menunjukkan gejala dan selalu mengenakan masker di sekitar gorila.

Peterson mengatakan dokter hewan terus memantau gorila dan mereka akan tetap berada di habitat mereka di taman, utara San Diego. Untuk saat ini, mereka diberi vitamin, cairan dan makanan tetapi tidak ada pengobatan khusus untuk virusnya.

“Selain sesak dan batuk, gorila dalam keadaan baik-baik saja,” terangnya, dikutip Daily Mail.

(Baca juga: Kerap Dikelililingi Wanita Seksi dan Dekat dengan Presiden Erdogan, Pemimpin Sekte Seks Apokaliptik Dihukum Penjara 1.075 Tahun)

“Pasukan tetap dikarantina bersama dan sedang makan serta minum. Kami berharap untuk pemulihan penuh,” lanjutnya.

Mereka akan tetap bersama karena memisahkan mereka bisa berbahaya bagi gorila yang hidup dalam kelompok yang erat.

“Ini satwa liar, dan mereka memiliki ketahanan sendiri dan dapat menyembuhkan secara berbeda dari yang kita lakukan,” terang Peterson.

(Baca juga: Kasus Covid-19 Meningkat, Pakistan Justru Gelar Vaksinasi Polio)

Pakar satwa liar telah menyatakan keprihatinan tentang gorila yang terinfeksi virus corona. Spesies yang terancam punah ini diketahui memiliki 98,4 persen DNA yang sama dengan manusia dan merupakan hewan sosial.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini