Puting Beliung Besar Muncul di Wonogiri, Pusaran Berlangsung 15 Menit

Agregasi Solopos, · Rabu 20 Januari 2021 18:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 20 512 2347882 puting-beliung-besar-muncul-di-wonogiri-pusaran-berlangsung-15-menit-eXcDWiWTpf.jpg Puting Beliung di Wonogiri. (Foto: Istimewa)

WONOGIRI - Fenomena pusaran angin menyerupai angin puting beliung muncul di area perairan Waduk Gajah Mungkur Wonogiri. Fenomena alam itu terjadi di Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Wonogiri, Rabu (20/1/2021). 

Fenomena itu sempat direkam oleh beberapa warga yang melihatnya secara langsung. Kemudian dibagikan di media sosial dan saat ini tengah viral.

Dari beberapa video viral yang didapat Solopos.com, fenomena itu sempat membuat orang yang merekam menjadi panik. Mereka menyebut nama Allah dan kalimat tahlil "Lailahailallah".

Selain itu juga ada video seorang nelayan yang sedang mencari ikan dan segera menjauh ketika melihat puting beliung muncul di WGM Wonogiri.

Kepala Desa Sendang, Sukamto, membenarkan adanya fenomena itu yang terjadi di desanya. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 15.30 WIB.

Baca juga: Puting Beliung Hantam Pantai di Bali, Belasan Bangunan Milik Nelayan Rusak

Kejadian yang sempat menghebohkan dan mambuat panik warga itu terjadi sebelum hujan mengguyur area itu. Setelah fenomena itu muncul, hujan deras mengguyur. 

"Fenomena itu terjadi sebelum hujan. Pusaran itu berlangsung sekitar 15 menit," kata dia kepada wartawan, Rabu.

Sukamto mengatakan, pusaran angin itu hanya terjadi di perairan WGM, tepatnya di dekat karamba. Sehingga kawasan permukiman warga tidak terdampak. 

Sementara itu, Camat Wonogiri Kota, Joko Purwidiyatmo, juga membenarkan munculnya puting beliung di WGM. Setelah mendapat laporan, pihaknya langsung mengecek ke lokasi.

"Alhamdulillah tidak ke permukiman warga, aman. Saat ini cuacanya ekstrim. Kami harap masyarakat tetap waspada," kata Joko. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini