Joe Biden Resmi Menjadi Presiden Ke-46 AS

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 21 Januari 2021 00:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 21 18 2348027 joe-biden-resmi-menjadi-presiden-ke-46-as-UOAIpvT7BY.JPG Presiden Amerika Serikat Joe Biden diambil sumpahnya dalam upacara inaugurasi di gedung Capitol, Washington, DC, 20 Januari 2021. (Foto: Reuters)

WASHINGTON, DC – Joseph R Biden dan Kamala Devi Harris resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) setelah mengucapkan sumpah jabatannya dalam upacara di gedung Capitol, Washington, DC, Rabu (20/1/2021) tengah hari.

Harris terlebih dahulu mengucapkan sumpah jabatannya dengan dipandu oleh Hakim Mahkamah Agung AS Sonia Sotomayor. Biden melafalkan sumpah jabatannya beberapa menit kemudian dengan dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung AS John G Roberts Jr.

BACA JUGA: Salah Ucap, Obama Pegang Rekor Empat Kali Ucapkan Sumpah Kepresidenan AS 

“Saya Joseph Robinette Biden Jr. bersumpah bahwa saya akan setia menjalankan tugas sebagai Presiden Amerika Serikat, dan dengan kemampuan untuk melakukan yang terbaik, saya akan melestarikan, melindungi, dan membela Konstitusi Amerika Serikat. Jadi Tuhan bantulah saya,” kata Biden di depan para tamu dan pejabat yang menghadiri upacara pelantikan. 

BACA JUGA: Sambut Pelantikan Joe Biden, Obama: This is Your Time 

Usai sumpah tersebut, Biden menjadi penganut Katolik kedua yang dilantik sebagai Presiden sepanjang sejarah AS, sementara Harris akan menjadi perempuan kulit hitam pertama yang menjadi Wakil Presiden AS.

Upacara pelantikan kali ini terjadi di tengah pandemi Covid-19 dan ketegangan yang menyelimuti AS.

Dua pekan sebelumnya ratusan pendukung Presiden Donald Trump yang menolak hasil pemilihan presiden menyerbu gedung Capitol dalam sebuah peristwia yang mengejutkan dunia. Insiden itu menyebabkan kerusakan di gedung Capitol dan lima orang meninggal dunia. 

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini