Biden-Harris Banjir Ucapan Selamat, Ratu Elizabeth Kirim Pesan Pribadi

Susi Susanti, Koran SI · Kamis 21 Januari 2021 10:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 21 18 2348211 para-pemimpin-negara-banjiri-ucapan-selamat-untuk-biden-harris-ratu-elizabeth-kirim-pesan-pribadi-sebelum-pelantikan-2c5eMekKjq.jpg Foto: Okezone

INGGRIS – Para pemimpin di seluruh dunia berbondong-bondong mengucapkan selamat kepada Presiden Amerika Serikat (AS) ke-46 Joe Biden dan Wakil Presiden (Wapres) Kamala Harris sesaat setelah pelantikan.

Istana Buckingham mengungkapkan Ratu Elizabeth mengirim pesan pribadi kepada Biden sebelum dia dilantik.

Namun rincian pesan itu belum dirilis ke publik. Selama 68 tahun pemerintahan Ratu, sekarang sudah ada 14 Presiden AS. Mulai dari Presiden Harry S Truman hingga Biden.

“Yang Mulia mengirim pesan pribadi kepada Presiden Biden sebelum pelantikan,” ujar seorang juru bicara istana.

Sebelumnya Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab mengirimkan ucapan selamat kepada Biden dan Harris.

(Baca juga: Bangun Bill! Mantan Presiden Bill Clinton "Kepergok" Tidur Saat Pelantikan Biden)

“Dari perubahan iklim hingga perdagangan dan keamanan, kedua negara kita berbagi ikatan yang erat dan hubungan khusus,” terangnya.

“Kami berharap dapat bekerja sama dengan Anda dalam prioritas bersama sebagai kekuatan untuk kebaikan di dunia,” ungkapnya.

(Baca juga: Presiden Biden, Dari Lelaki Termiskin di Kongres hingga Menjadi Miliarder)

Ucapan selamat juga riuh ramai di jagat media sosial (medsos). Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson termasuk di antara para pemimpin politik yang langsung “turun” ke Twitter untuk memberi selamat kepada Biden.

“Selamat kepada @JoeBiden karena telah dilantik sebagai Presiden Amerika Serikat dan kepada @Kamala Harris atas pelantikan bersejarahnya,” cuitnya..

“Kepemimpinan Amerika sangat penting dalam masalah yang penting bagi kita semua, dari perubahan iklim hingga Covid, dan saya berharap dapat bekerja sama dengan Presiden Biden,” cuitnya.

Johnson mengatakan kepada wartawan jika dia menyambut suksesi Biden dari Donald Trump sebagai “langkah maju” dari “periode bergelombang” dan kesempatan untuk berkolaborasi dalam perubahan iklim dan pandemi virus corona.

“Ketika Anda melihat masalah yang menyatukan saya dan Joe Biden, Inggris dan Amerika Serikat saat ini, ada agenda bersama yang fantastis,” ujar Johnson yang diketahui memiliki hubungan dekat tetapi terkadang tegang dengan Trump.

“AS memulai babak baru dalam sejarahnya, salah satu harapan, kesopanan, kasih sayang dan kekuatan. Bersama-sama, kedua negara kita dapat membangun masa depan yang lebih baik dan lebih optimis untuk dunia kita,” cuit Pemimpin Partai Buruh Sir Keir Starmer.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau juga memberikan ucapan di Twitter.

“Selamat JoeBiden atas pelantikan Anda sebagai Presiden ke-46 Amerika Serikat. Kedua negara kita telah bersama-sama menangani beberapa tantangan terbesar dalam sejarah - dan saya berharap dapat melanjutkan kemitraan ini dengan Anda Kamala Harris dan pemerintahan Anda,” cuitnya.

“Selamat hangat dan harapan terbaik untuk Presiden Biden dan Wakil Presiden Harris. Skotlandia dan AS berbagi ikatan persahabatan dan kerja sama yang telah berlangsung lama,” cuit Menteri Pertama Skotlandia, Nicola Sturgeon.

“Kami berharap dapat mengembangkannya di tahun-tahun mendatang,” lanjutnya. (sst)

Perdana Menteri Irlandia Micheal Martin mengucapkan selamat kepada Biden atas pencapaian luar biasa.

“Atas nama Pemerintah dan rakyat Irlandia, saya ingin mengucapkan selamat yang tulus kepada presiden Joe Biden atas pelantikannya,” terang Martin.

“Saat dia mengambil sumpah jabatan, saya tahu bahwa Presiden Biden akan merasakan beban sejarah - kehadiran leluhur Irlandia-nya yang meninggalkan Mayo dan Louth dalam masa kelaparan untuk mencari kehidupan dan harapan,” jelasnya.

“Dia akan mengingat perjuangan keras keturunan mereka saat mereka masuk dan berkontribusi ke Amerika Serikat. Ini adalah kisah Irlandia-Amerika,” ungkapnya.

“Saya berharap dia juga akan menyadari kebanggaan besar kami di Irlandia atas pencapaiannya yang luar biasa. Dia salah satu dari kita, bagian dari keluarga global kita,” urainya.

“Saya berharap dapat menyambut Presiden Biden kembali ke pulau ini dan memperdalam kerja sama dalam perdamaian global, perubahan iklim, kemitraan ekonomi dan stabilitas,” bebernya. (sst)

“Saya juga ingin memberikan penghormatan kepada wakil presiden Kamala Harris, yang telah menciptakan sejarah hari ini, dan yang akan membantu membentuk pemerintahan yang beragam dan tangguh,” lanjutnya.

Presiden Irlandia Michael D Higgins juga telah memberikan ucapan selamat yang tulus kepada Presiden Biden atas pelantikannya.

Presiden Komisi Uni Eropa, Ursurla von der Leyen, mengatakan bagaimana rasanya memiliki “teman di Gedung Putih” setelah empat tahun hubungan yang tegang.

“Ini pencapaian bersejarah, dan ini juga menjadikan hari ini sangat istimewa,” ujarnya.

“Fajar baru di Amerika ini adalah saat yang telah lama kita tunggu-tunggu. Eropa siap untuk awal yang baru dengan mitra tertua dan paling tepercaya kita,” tambahnya.

“Ini akan menjadi titik awal yang sangat kuat untuk kerja sama kami yang diperbarui, dan tentu saja, lebih banyak lagi yang akan datang,” ungkapnya.

Sementara itu, Presiden Jerman,Frank-Walter Steinmeier, menyebut Hari Pelantikan Biden sebagai hari yang baik untuk demokrasi.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu juga mengirimkan ucapan selamat kepada Presiden Biden dan Wapres Harris atas “pelantikan bersejarah” mereka.

Presiden Emmanuel Macron dari Prancis menggunakan pesannya untuk menyambut kembali AS ke dalam Perjanjian Iklim Paris. (sst)

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini