Kapal Terbalik, 43 Migran Tewas di Lepas Pantai Libya

Susi Susanti, Koran SI · Kamis 21 Januari 2021 14:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 21 18 2348393 kapal-terbalik-43-migran-tewas-di-lepas-pantai-libya-nBKxtd0dGs.jpg Foto: Ilustrasi Okezone

LIBYA – 43 orang tewas dan 10 orang selamat setelah sebuah kapal yang membawa migran Afrika Barat terbalik di lepas pantai Libya pada Selasa (19/1).

Hal ini diungkapkan Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) dan Badan Perserikatan Bangsa-bangsa untuk Pengungsi (UNHCR) melalu sebuah pernyataan Rabu (20/1).

UNHCR mengatakan ini adalah kapal migran pertama yang karam pada tahun ini.

UNHCR menyatakan kapal itu diketahui meninggalkan Kota Zawya di Libya barat laut pada Selasa (19/1) pagi dan dilaporkan terbalik beberapa jam setelah berangkat karena kondisi laut yang buruk dan mesinnya mati.

(Baca juga: Mendarat Tanpa Izin di Pangkalan Militer, Pengusaha Kaya Raya Ini Didenda Rp77 Juta)

Orang-orang yang meninggal semuanya pria dari negara-negara Afrika Barat.

“Para penyintas, terutama dari Pantai Gading, Nigeria, Ghana, dan Gambia, melaporkan mereka yang tewas semuanya adalah pria dari negara-negara Afrika Barat,” terang UNHCR, dikutip CNN.

(Baca juga: Presiden Biden, Dari Lelaki Termiskin di Kongres hingga Menjadi Miliarder)

“Ratusan orang kehilangan nyawa mereka tahun lalu saat mencoba menyeberangi Mediterania Tengah, ini menjadi jumlah kematian tertinggi dalam satu perjalanan migrasi di seluruh dunia terjadi,” urai pernyataan itu.

“IOM dan UNHCR khawatir karena keterbatasan kemampuan untuk memantau rute, jumlah sebenarnya orang yang tewas di Mediterania Tengah selama tahun 2020, bisa jauh lebih tinggi,” tambahnya.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini