Share

Italia Dilanda Krisis Politik, Conte Umumkan Pengunduran Diri

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 27 Januari 2021 10:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 27 18 2351555 italia-dilanda-krisis-politik-conte-umumkan-pengunduran-diri-RMJjOiX1MW.jpg Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte. (Foto: Reuters)

ROMA - Perdana Menteri (PM) Italia Giuseppe Conte telah mengundurkan diri menyusul desakan dari anggota pemerintahannya sendiri untuk membentuk koalisi baru, demikian disampaikan dalam sebuah pernyataan dari kantor presiden.

Langkah tersebut digambarkan sebagai upaya terbaik Conte untuk tetap berkuasa, setelah partai Viva Italia yang dipimpin oleh mantan PM Matteo Renzi, menarik diri dari koalisi yang berkuasa, membuat pemerintah kehilangan mayoritas absolutnya di Senat.

BACA JUGA: PM Italia Disebut Ingin Mengundurkan Diri dan Bentuk Pemerintahan Baru

Keluarnya Italia Viva dari koalisi memicu krisis politik yang mengakibatkan mosi tidak percaya di kedua majelis parlemen. Conte selamat dari kedua pemungutan suara tetapi mitra koalisinya dilaporkan telah mendesaknya untuk mundur dan membangun kembali pemerintahan.

Conte harus menerima mandat untuk membentuk pemerintahan baru dari Presiden Sergio Mattarella agar rencananya berhasil. Jika dia berhasil membentuk koalisi baru, itu akan menjadi pemerintahan ketiganya dalam waktu kurang dari tiga tahun.

BACA JUGA: Pasokan Vaksin Covid-19 Tertunda, Italia Bakal Ambil Langkah Hukum

Namun, sudah ada rintangan politik yang jelas menghalangi jalannya. Politisi dari dua partai koalisi utama, Gerakan Bintang Lima (M5S) dan Partai Demokrat (PD), telah memberi isyarat bahwa mereka tidak akan bekerja dengan Renzi lagi, yang berarti bahwa Conte harus mencari di tempat lain jika dia berharap untuk mendapatkan mayoritas mutlak di parlemen.

Iklim ekonomi dan sosial di negara tersebut mungkin juga tidak menguntungkan bagi Conte. Viva Italia meninggalkan pemerintah karena penanganan kontroversial negara itu terhadap pandemi Covid-19 dan resesi ekonomi yang diakibatkannya, masalah yang dapat terus menghantui calon PM.

(dka)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini