Usai Merapi Meletus, Kini Gunung Raung Kembali Erupsi

Fahmi Firdaus , Okezone · Rabu 27 Januari 2021 20:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 27 519 2351965 usai-merapi-meletus-kini-gunung-raung-kembali-erupsi-mdQg5l0qgX.jpg Foto: PVMBG

BANYUWANGI - Setelah Gunung Merapi di Yogyakarta meletus, kini Gunung Raung yang terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi, Jember dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur mengeluarkan erupsi.

Peningkatan aktivitas vulkanik ditandai terjadinya muntahan lahar dari perut Raung yang menyembur dan tertampung di kaldera Raung.

Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung mengamati adanya suara gemuruh dalam aktivitas vulkanik, Rabu (27/1/2021).

Sedangkan bagi masyarakat yang berada di lereng Gunung Raung diminta untuk waspada meski dinilai masih aman. Karena lontaran pijar yang dikeluarkan dari dalam Gunung Raung terjadi di dalam kaldera.

Sebelumnya, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi pada pos pengamatan Gunung Raung, yang berlokasi di Dusun Mangaran, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur, merilis adanya kilatan cahaya api bersamaan dengan semburan material abu vulkanik Raung. Kilatan cahaya api tersebut menandakan terjadinya muntahan lahar dari perut Raung, yang menyembur dan masih tertampung di kaldera Raung.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini