Share

Bill Gates Peringatkan Pandemi Berikutnya Bisa 10 kali Lebih Buruk

Susi Susanti, Koran SI · Jum'at 29 Januari 2021 12:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 29 18 2352917 bill-gates-peringatkan-pandemi-berikutnya-bisa-10-kali-lebih-buruk-xmPS06nOLN.JPG Foto: Reuters

WASHINGTON - Bill Gates memperingatkan pandemi yang akan datang bisa 10 kali lebih buruk dan umat manusia tidak siap untuk itu.

Miliarder ini berharap bahwa situasi ini akan berubah dalam beberapa tahun dan menunjukkan "sumbu peluang" seperti obat-obatan, tes, vaksin, epidemiologi, dan tindak lanjut -naik.

“Pandemi ini buruk, tetapi pandemi di masa depan bisa jadi 10 kali lebih serius,” terangnya.

Dia mendesak pemerintah untuk melindungi warganya dari kemungkinan penyakit baru.

Di sisi lain, sang dermawan mengatakan jika pandemi ini berkembang lima tahun yang lalu, dunia tidak akan memiliki vaksin dalam waktu yang sesingkat itu.

(Baca juga: Mengkhawatirkan, Nyamuk Malaria Baru Bermunculan di Kota-kota Afrika)

Dia juga meminta para penguasa untuk menghindari nasionalisme vaksinasi dan mendistribusikan vaksin secara adil.

Ini bukan pertama kalinya Gates memperingatkan penyakit di masa depan.

Melalui wawancara dengan Financial Times melalui Skype pada 2 April tahun lalu, pengusaha itu mengatakan pandemi virus corona adalah peristiwa terbesar yang akan dialami banyak orang sepanjang hidupnya.

Dia pun memperkirakan wabah virus serupa kemungkinan akan terjadi setiap 20 tahun atau lebih.

(Baca juga: Kebun Binatang Ini Rayakan Kelahiran Bayi Singa Hasil Inseminasi Buatan)

“Kenyataan yang disayangkan adalah Covid-19 mungkin bukan pandemi terakhir. Kami tidak tahu kapan yang berikutnya akan tiba, atau apakah itu akan menjadi flu, virus corona atau penyakit baru yang belum pernah kami lihat sebelumnya. Tapi yang kita tahu adalah kita tidak bisa membiarkan diri kita lengah lagi. Ancaman pandemi berikutnya akan selalu berada di atas kepala kita, kecuali dunia mengambil langkah-langkah untuk mencegahnya,” tulis posting-an di blog yayasannya, yang ditulis bersama dengan istrinya Melinda Gates.

Menurut kutipan dari portal RT saat wawancara, pendiri Microsoft ini juga bersikeras jika orang harus mempelajari hikmah yang diberikan virus Covid-19.

Lalu, apa yang harus kita lakukan untuk mencegah pandemi berikutnya menurut Bill Gates?

“Dunia perlu menggandakan investasi dalam R&D (penelitian dan pengembangan), serta mengembangkan kemampuan yang sama sekali baru yang belum ada,” ujarnya.

Gates menjelaskan menghentikan pandemi berikutnya akan membutuhkan pengeluaran puluhan miliar dolar setahun.

Dia memperkirakan pengeluaran global untuk pandemi Covid-19 adalah sekitar USD28 triliun.

Dia juga mendorong pemerintah untuk terus berinvestasi dalam alat ilmiah yang membantu kita dalam krisis saat ini, meski setelah Covid-19 berlalu nantinya.

Terakhir, Gates berharap dalam beberapa tahun mendatang “mega-diagnostic platforms” dapat dikembangkan, yang dapat menjangkau hingga 20% populasi setiap minggunya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini