Unik, Pelantikan Kepala Desa Dilakukan di Laut

Andhy Eba, iNews · Jum'at 29 Januari 2021 08:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 29 340 2352791 unik-pelantikan-kepala-desa-dilakukan-di-laut-DrER6rL863.jpg Pelantikan Kepala Desa di Buton Tengah dilakukan di laut (Foto: Andhy Eba)

SULTRA - Lazimnya sebuah pelantikan dilakukan di gedung atau di lapangan. Namun, yang satu ini cukup unik karena pelantikan kepala desa terpilih di Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara (Sultra) dilakukan di laut.

Bahkan, kepala desa yang dilantik di basuh wajahnya dengan air laut oleh bupati setempat. Setidaknya ada 16 kepala desa baru saja terpilih melalui Pilkades serentak ini.

Pelantikan ini dilakukan di pantai Tanjung Buaya, Kecamatan Mawasangka Timur. Sebelum disumpah, para kepala desa diperintakan untuk turun laut dan berbaris teratur seperti pelantikan biasa. Kemudian, Bupati Buton Tengah mengambil sumpah dan disaksikan rohaniawan.

Baca Juga:  Pohon Pisang Sudah Ditebang Malah Berbuah Lagi Bikin Warga Lubuklinggau Sumsel Heboh

Ketika usai pengambilan sumpah, bupati memasangkan pangkat jabatan dan wajah pejabat desa yang dilantik di basuh menggunakan air laut.

Bupati Buton Tengah Samahudin mengatakan, alasan acara pelantikan tersebut dilakukan di pinggir laut adalah agar para kepala desa yang baru terpilih untuk periode kali ini sadar dan memaknai penderitaan para masyarakat yang mayoritas adalah sebagai nelayan. Selain itu, sebagai promosi wisata di Kabupaten Buton Tengah.

Bupati Buton Tengah juga menekankan kepada semua kepala desa agar dalam penggunaan dana desa harus memiliki perencanaan yang jelas dan terbuka. Baca Juga: Jutawan Ini Miliki Uang Rp67 M, Tapi Pilih Makan Makanan Kucing

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini