Share

9 Tewas dalam Pengepungan 7 Jam di Hotel Mogadishu

Agregasi VOA, · Senin 01 Februari 2021 15:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 01 18 2354498 9-tewas-dalam-pengepungan-7-jam-di-hotel-mogadishu-XSgSkiHdQW.jpg Foto: Reuters.

MOGADISHU - Pemerintah Somalia mengumumkan bahwa pengepungan mematikan selama tujuh jam di Ibu Kota Somalia, Mogadishu, telah berakhir pada Minggu (31/1) malam. Insiden itu menewaskan sembilan orang.

Mohamed Nur Galal, seorang pensiunan jenderal dan mantan menteri pertahanan, termasuk di antara korban tewas dalam serangan di Hotel Afrik. Hotel yang populer itu terletak di sebuah jalan strategis yang menghubungkan pusat kota Mogadishu dengan bandara internasional. Hotel tersebut sering ditinggali oleh para politisi, anggota parlemen dan pegawai negeri sipil senior.

BACA JUGA: Ledakan Bom dan Baku Tembak Guncang Hotel di Mogadishu, Setidaknya 3 Tewas

Pasukan keamanan berhasil menyelamatkan puluhan orang dari hotel yang dikepung itu. Kelompok militan Al Shabab mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu.

Presiden Mohamed Abdullahi Farmaajo dan Perdana Menteri Mohamed Hussein Roble menyampaikan ucapan duka pasca kematian Galal. Kedua pemimpin itu menyerukan rakyat Somalia agar bersatu melawan kelompok teroris Al-Shabab.

Polisi mengatakan keempat militan Al-Shabab yang mengepung hotel itu tewas.

Sebuah bom mobil meledak di dekat hotel itu pada Minggu (31/1/2021) pagi. Ledakan ini disusul baku tembak antara kelompok militan dan pasukan keamanan.

BACA JUGA: Teroris Al Shabaab Serang Hotel di Somalia, Tewaskan Sedikitnya Tujuh Orang

Polisi mengatakan anggota-anggota Al Shabab menyerbu hotel itu. Polisi berhasil menyelamatkan sejumlah tamu hotel, termasuk mantan menteri pertahanan Yusuf Siad Indha-Adde.

Wartawan VOA Abdikafi Yusuf Aden, yang juga berada di dalam hotel itu ketika ledakan terjadi, berhasil menyelamatkan diri.

“Ada kepanikan dan aspa tebal tak lama setelah ledakan terjadi. Orang-orang lari lintang pukang menyelamatkan diri,” ujar Abdi kepada VOA.

Ia mengatakan melihat sedikitnya tiga orang luka-luka ketika ia bersembunyi, tetapi tidak dapat memastikan apa yang terjadi di luar atau di sisi lain hotel itu.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini