Viral Desa "Mati" di Majalengka

Inin Nastain, Koran SI · Senin 01 Februari 2021 17:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 01 525 2354626 viral-desa-mati-di-majalengka-na3RF24sDt.jpg Desa "Mati" di Majalengka jadi viral di media sosial (Foto: Tangkap layar video)

MAJALENGKA - Sebuah desa di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat (Jabar), mendadak viral di media sosial (medsos). Desa Sidamukti, Kecamatan Majalengka itu jadi pembahasan setelah ada unggahan video berjudul "DESA "MATI" RATUSAN RUMAH KOSONG – MAJALENGKA".

Video tersebut pertama kali diunggah akun Bucin TV pada 28 Januari 20121 lalu. Hingga Senin (1/2/2021) sore, video berdurasi 33 menit itu sudah ditonton 431.537 kali dan dikomentari 4.744 netizen.

Dalam video itu, sang pengisi suara menjelaskan kondisi desa itu sebagai dampak dari bencana longsor pada 2012 silam. "Malam ini teman-teman gua terperosok di salah satu desa yang sudah terbengkalai. Ini adalah Desa Sidamukti daerah Majalengka, Jawa Barat. Desa ini terbengkalai akibat dari bencana alam longsor yang pernah terjadi pada tahun 2012 cuy. Nah itu informasi yang gua denger," kata pengisi suara laki-laki itu.

Dihubungi MNC Portal Indonesia (MPI), Kuwu (Kepala Desa) Sidamukti Karwan mengatakan tayangan dalam video tersebut bukan gambaran Desa Sidamukti secara keseluruhan. "Salah satu Blok di desa Sidamukti, yaitu Blok Tarikolot. Itu eks permukiman, pantas saja kosong," kata Karwan.

Baca Juga : Viral Emak-Emak dengan Santai Curi 10 Pakaian, Aksinya Terekam CCTV

Dia menjelaskan, warga yang sebelumnya tinggal di blok itu sudah direlokasi ke blok lain yang relatif lebih aman. "Orangnya sudah pindah ke Blok Buah Lega. Masih di Desa Sidamukti," katanya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini