Share

Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei: AS Harus Cabut Sanksi, Iran Batalkan Nuklir

Agregasi VOA, · Senin 08 Februari 2021 06:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 08 18 2358267 pemimpin-tertinggi-iran-ayatollah-ali-khamenei-as-harus-cabut-sanksi-iran-batalkan-nuklir-JfMU5qoz6E.jpg Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei (Foto: Reuters)

IRAN - Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mengatakan Amerika Serikat (AS) harus mencabut semua sanksi jika ingin Iran membatalkan langkah-langkah nuklirnya.

"Iran telah memenuhi semua kewajibannya sesuai kesepakatan nuklir 2015, bukan Amerika dan tiga negara Eropa. Kalau mereka ingin Iran kembali pada komitmennya, Amerika harus mencabut dulu semua sanksinya," tulis Khamenei di Twitter pada Minggu (7/1).

"Setelah memverifikasi apakah semua sanksi telah dicabut, maka kami akan kembali ke kepatuhan penuh," tulisnya.

(Baca juga: China Setujui Vaksin Covid-19 Kedua)

Presiden AS Joe Biden, yang menjabat bulan lalu, mengatakan, jika Iran kembali ke kepatuhan ketat pada pakta nuklir 2015, Amerika akan mengikuti dan menggunakannya sebagai batu loncatan untuk perjanjian yang lebih luas yang mungkin membatasi pengembangan rudal dan kegiatan regional Iran.

Diketahui, mantan Presiden AS Donald Trump menarik Amerika keluar dari perjanjian nuklir antara Iran dan enam negara kuat dunia pada 2018 dan menerapkan kembali sanksi terhadap Iran.

(Baca juga: Denmark Akan Bangun Pulau Buatan Pertama Ramah Lingkungan)

Iran telah melanggar kesepakatan itu sebagai tanggapan langkah demi langkah terhadap kebijakan "tekanan maksimum" Trump, tetapi berulang kali mengatakan pihaknya dapat dengan cepat membalikkan pelanggaran itu jika sanksi Amerika dicabut.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini