Disebut Tak Ampuh di Afsel, Australia Tetap Gunakan Vaksin Covid-19 AstraZeneca

Senin 08 Februari 2021 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 08 18 2358702 disebut-tak-ampuh-di-afsel-australia-tetap-gunakan-vaksin-covid-19-astrazeneca-48KqJUvxJO.jpg Foto: Reuters.

CANBERRA - Menteri kesehatan Australia, Greg Hunt meyakinkan warganya tentang keamanan dan kemanjuran vaksin Oxford, AstraZeneca, setelah studi percobaan di Afrika Selatan menunjukkan hasil yang buruk terhadap “strain” lokal.

“Saat ini tidak ada bukti yang menunjukkan penurunan efektivitas vaksin AstraZeneca atau Pfizer dalam mencegah penyakit parah dan kematian. Itu adalah tugas fundamental, untuk melindungi kesehatan,” kata Hunt kepada wartawan di Canberra sebagaimana dilansir RT.

BACA JUGA: Tidak Terbukti Ampuh, Afsel Hentikan Peluncuran Vaksin Covid-19 AstraZeneca

Afrika Selatan menghentikan peluncuran vaksin AstraZeneca atas penelitian yang mengecewakan yang menunjukkan bahwa vaksin tersebut hanya efektif 22 persen terhadap kasus ringan dan sedang dari varian virus lokal.

Karena penelitian dilakukan pada 2.000 sukarelawan yang muda dan sehat yang cenderung tidak mengembangkan gejala yang melemahkan, kemanjuran dalam kasus yang parah tidak jelas, sementara hasil keseluruhannya masih awal.

BACA JUGA: Tim WHO di Wuhan Temukan Petunjuk Penting Awal Mula Pandemi Covid-19

Meski demikian, kabar tersebut meresahkan banyak pihak di Australia, yang telah membeli 53,8 juta dosis vaksin AstraZeneca. Menteri Kesehatan Australia tampil di TV nasional untuk meyakinkan publik bahwa tidak ada alasan untuk khawatir.

Australia mengharapkan persediaan dosis sebanyak 3,8 juta vaksin tiba pada awal 2021. Negara tersebut menyetujui penggunaan vaksin Pfizer / BioNTech pada Januari lalu dan, menurut Reuters, diharapkan untuk menyetujui vaksin AstraZeneca dalam beberapa hari mendatang.

 (Bernadus Melikianus Danomira)

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini