Satu Keluarga Tinggal di Bekas Kandang Kambing Setelah Rumahnya Dibongkar Rentenir

Roy M Perleoli , iNews · Kamis 11 Februari 2021 10:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 11 340 2360318 satu-keluarga-tinggal-di-bekas-kandang-kambing-setelah-rumahnya-dibongkar-rentenir-MIZqdQQlED.jpg Satu keluarga di Lampung Tengah tinggal di bekas kandang kambing lantaran rumahnya dibongkar rentenir (Foto : iNews)

LAMPUNG TENGAH - Satu keluarga di Lampung Tengah terpaksa harus beradaptasi menempati bekas kandang kambing milik tetangganya. Hal tersebut terjadi lantaran mereka terlilit utang, sehingga rumahnya dibongkar rentenir.

Mereka adalah pasangan suami-istri Lilik Sudarja (32) dan erna wati (29), warga kampung Banjar Karta Rahayu, Kabupaten Lampung Tengah. Mereka ia harus merelakan rumahnya dibongkar oleh rentenir lantaran tidak bisa membayar utang.

Setiknya sudah 4 hari pasutri itu tinggal di bekas kandang kambing milik tetangganya yang ukuran 3 x 4 meter dengan penenrangan seadanya. Lantai tanah dan gribik bolong bolong yang ia sulam dengan kardus, setidaknya membuat istri dan dua anaknya yang satu masih berumur 5 tahun dan balita, bisa beteduh dari panas dan hujan.

Pembongkaran yang dilakukan rentenir itu sebagai pengganti atas utang yang tidak bisa dilunasinya. Di mana kejadian tersebut bermula 6 bulan lalu, saat mereka tidak memiliki uang untuk kehidupan sehari hari dan terppaksa meminjam Rp2 juta kepada rentenir.

Namun, lantaran bunga yang dipatok terlalu tinggi sehingga ia selama ini cuma bisa membayar bunganya saja karena pekerjaan Lilik hanya sebagai buruh serabutan.

Saat ditagih 5 hari lalu, ia tidak memiliki uang. Lalu, rentenir tersebut langsung membongkar rumahnya tanpa ada pringatan sama sekali.

Sehingga ia dan keluarga terpaksa menepati bekas kandang kambing milik tetangganya, bahkan bekas kandang kambing yang ia sulap menjadi rumah tersebut kondisinya memperihatinkan. Tidak memiliki pintu, atap bocor, serta tembok gribik yang bolong-bolong ia sulam dengan kardus agar dinginya tidak masuk kerumahnya saat ia dan keluarga sedang tidur.

Bekas kandang kambing ini jadi tempat tingal satu keluarga di Lampung yang rumahnya dibongkar rentenir (foto : iNews)

Baca Juga : Pria Ini Siram Selingkuhannya dengan Air Keras hingga Tewas

"Enggak ada omongan apa-apa. Saya itu baru pulang dari tempat kakak pinjam Rp2 juta untuk bayar utang, tapi pas sampai rumah saya sudah dibongkar. Ya, nasib saya seperti ini mau apa lagi," ujar Erna, istri Lilik, Kamis (11/2/2021).

Meskipun tidak layak, Lilik beserta keluarga tetap tinggal di sana karena ia tidak mau merepotkan keluarganya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini