Diduga Terlibat Penculikan Geng, Mantan Ratu Kecantikan Terancam Hukuman Penjara 50 Tahun

Susi Susanti, Koran SI · Rabu 17 Februari 2021 12:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 17 18 2363508 diduga-terlibat-penculikan-geng-mantan-ratu-kecantikan-terancam-hukuman-penjara-50-tahun-BJP3JdvBIB.jpg Mantan ratu kecantikan Miss Oaxaca 2018 Laura Mojica Romero (Foto: Newsflash)

MEKSIKO - Seorang mantan ratu kecantikan terancam 50 tahun di balik jeruji besi karena diduga terlibat penculikan terorganisir di Meksiko.

Laura Mojica Romero, 25, diketahui memenangkan kontes kecantikan Miss Oaxaca pada 2018 dan dikenal secara lokal karena penampilan modeling dan kontes kecantikannya.

Kantor Kejaksaan Agung Veracruz pada Senin (15/2) mengeluarkan pernyataan yang mengonfirmasi penangkapan delapan tersangka, termasuk Romero, pada 11 Februari lalu.

Melalui sebuah pernyataan, Romero digambarkan sebagai salah satu dari "delapan tersangka anggota organisasi kriminal yang mengkhususkan diri dalam penculikan".

Selain dirinya, polisi juga mengidentifikasi pelaku lainnya. Yakni Raul, Maria del Rosario, Ana Martha, Cesar Enrique, Diego, Jossiel dan Luis Antonio.

Kelompok tersebut diduga merupakan anggota organisasi kriminal yang mengkhususkan diri dalam melakukan penculikan di negara bagian Oaxaca dan Veracruz, Meksiko.

(Baca juga: Demi Asuransi Jiwa Sebesar Rp794 Juta, Suami Tega Dorong Istri yang Hamil Tua dari Atas Tebing)

Jaksa penuntut mengatakan unit elit anti penculikan kota telah bertindak untuk memastikan "tidak ada gencatan senjata bagi orang-orang yang menyebabkan kerusakan serius bagi Veracruz".

Tidak ada rincian tentang investigasi sebelum penahanan kelompok tersebut.

Seorang hakim memberi waktu dua bulan bagi unit khusus itu untuk menyelesaikan kasus terhadap geng, yang semuanya tetap dalam tahanan.

“Delapan tersangka penculik telah ditahan selama dua bulan sementara penyelidikan berlanjut,” ungkap unit elit itu.

(Baca juga: Jual Rumah dengan Ganja Senilai Rp388 Juta di Garasi, Pemilik Rumah Ditangkap Polisi)

Saat ini, Romero ditahan di Huatusco, kota di negara bagian Veracruz, Meksiko.

Jika terbukti bersalah, setiap orang dapat menghadapi hingga 50 tahun di penjara. Ini berarti Romero akan berusia 75 tahun setelah dibebaskan.

Romero yang berasal dari kota San Juan Bautista Tuxtepec di Oaxaca ini memenangkan kontes kecantikan regional Miss Oaxaca 2018 dan mengikuti kompetisi Miss Mexico pada 2019.

Melalui wawancara pada Januari 2019, dia menggambarkan dirinya sebagai "lebih dari sekadar wajah cantik" dan mengatakan dia telah lulus dari universitas dengan gelar bisnis.

Ratu kecantikan ini juga mengatakan jika prioritasnya termasuk menangani masalah kekerasan terhadap perempuan dan berkampanye untuk "memberantas" masalah tersebut melalui "pembicaraan yang membuat pria sadar".

"Kita tidak bisa diam saja, kita harus memberantas kekerasan terhadap perempuan, melalui kampanye dan pembicaraan pendidikan yang membuat laki-laki sadar akan masalah ini,” terangnya saat itu.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini