Pasca-Tol Cipali Ambles, Jalur Darurat Ditarget Selesai Minggu

INews.id, · Rabu 17 Februari 2021 15:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 17 525 2363643 pasca-tol-cipali-ambles-jalur-darurat-ditarget-selesai-minggu-1WBA3PFpzE.jpg Proses pembangunan jalur darurat di Tol Cipali. (Foto: iNews)

SUBANG - Pembangunan jalur darurat di KM 122 Tol Cikopo-Palimanan, Kabupaten Subang, Jawa Barat, telah mencapai 60 persen. Jalur darurat ini ditarget selesai Minggu 20 Februari 2021. Jalur darurat dibangun imbas ruas tol ambles beberapa waktu lalu.

Para pekerja yang dikerahkan PT Lintas Marga Sedaya atau Astra Tol saat ini tengah melakukan tahapan akhir pembangunan. Mereka melakukan pemadatan dan perataan median jalan di ruas Km 122 jalan Tol Cipali.

Jalur darurat itu dibuat agar contra flow tidak terlalu panjang sekaligus pengganti jalan ambles Km 122 jalur B atau arah Cirebon menuju Jakarta. Setelah pembangunan dua lajur pada jalur darurat itu selesai, lalu lintas diharapkan kembali normal.

Baca juga: Penyempitan Jalur KM 122, Kendaraan Antre hingga 5 Kilometer di Tol Cipali

"Tahapan akhir pembangunan jalur darurat, yakni pengurukan menggunakan bahan material dan diratakan. Selanjutnya tahap pengaspalan. Pengerjaan jalan darurat ini sudah mencapai 60 persen dan ditarget selesai pada Minggu (20/2/2021)," kata General Manager (GM) Operasional Astra Tol Cipali Suyitno. 

Selain median jalan, ujar Suyitno, di titik lokasi ambles masih dilakukan pemeriksaan kontur tanah dan perataan untuk fondasi di lereng. Sejumlah alat berat sudah disiapkan untuk proses perbaikan di titik utama amblesan. 

Baca juga: Diguyur Hujan, Bagaimana Kelanjutan Perbaikan Tol Cipali?

"Saat ini arus lalu lintas masih diberlakukan sistem contra flow dan relatif lancar," ujar Suyitno.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini