Sebeh dan Kojek, Pelaku Curanmor yang Disegani di Pekalongan Diringkus

Taufik Budi, Okezone · Kamis 18 Februari 2021 05:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 18 512 2363923 sebeh-dan-kojek-pelaku-curanmor-yang-disegani-di-pekalongan-diringkus-BtomXomOHf.jpg Sebeh dan Kojek diringkus polisi (Foto: Taufik Budi)

PEKALONGAN – Duet Sebeh dan Kojek menjadi kawanan pencuri spesialis kendaraan bermotor yang cukup disegani di Kota Pekalongan, Jawa Tengah. Bahkan, dalam sebulan terakhir setidaknya mereka telah beraksi di empat titik.

Kedua pelaku adalah Agung Dwi alias Kojek (23) warga Kelurahan Sapuro Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan, dan Rahmad alias Sebeh (23) warga Kelurahan Medono Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. Mereka merupakan residivis dan kini telah ditangkap polisi kembali.

Baca Juga:  Jual Motor Curian ke Korban, 2 Residivis Ini Ditangkap

Pengungkapan kasus itu bermula ketika Miftahudin warga Kelurahan Medono Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan, kehilangan sepeda motor bernopol G-3701-PK, pada 16 Februari sekira pukul 18.00 WIB. Sepeda motor itu awalnya diparkir depan rumah, namun mendadak raib.

“Selanjutnya pelapor masuk rumah. Tidak lama kemudian istrinya keluar rumah dan menanyakan kepada pelapor perihal sepeda motor yang sudah tidak ada di tempatnya,” kata Kasubbag Humas Polres Pekalongan Kota, AKP Suparji, Rabu (17/2/2021).

“Selanjutnya mencari ke sekitar lokasi namun sepeda motor tidak ditemukan,” imbuhnya.

Setelah menerima laporan tersebut, polisi segera membentuk tim melakukan penyelidikan. Unit Resmob Satreskrim bergerak ke lokasi kejadian untuk memeriksa TKP dan melakukan penyelidikan. Dari hasil olah TKP dan keterangan saksi, diduga bahwa pelaku pencurian adalah Kojek dan Sebeh.

“Selanjutnya Unit Resmob bergerak untuk mencari keberadaan para pelaku dan Rabu (17 Februari 2021) sekira pukul 14.30 WIB, kedua pelaku berhasil diamankan di kediaman Sebeh,” ungkapnya.

Baca Juga:  Heboh Pasukan Oranye Temukan Senpi dan Kunci Letter T di Kompleks Bina Marga

Polisi kemudian melakukan pengembangan terhadap pelaku untuk menunjukkan lokasi sepeda motor milik korban. Hasilnya cukup mencengangkan, karena didapat keterangan bahwa kedua pelaku telah melakukan pencurian serupa di beberapa tempat.

“Pertama TKP Bligo Kecamatan Buaran, Kabupaten Pekalongan, pada Februari 2021. Barang bukti Honda Beat tahun 2013 warna hijau. Kedua, TKP Kelurahan Kalibaros, Kecamatan Pekalongan Timur Kota Pekalongan, pada 17 Februari 2021 pukul 01.00 WIB, barang bukti Honda Beat warna silver,” beber dia.

“Ketiga, TKP sesuai laporan (Miftahudin) dengan barang bukti Yamaha Jupiter warna merah marun nopol G-3701-PK. Dan keempat TKP Banyurip Alit Kecamatan Pekalongan Selatan Kota Pekalongan, pada Februari 2021. Barang bukti Honda Beat Street warna hitam. Semua barang bukti berhasil diamankan,” tandasnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kedua pelaku kini harus mendekam di balik jeruji besi sembari menjalani pemeriksaan. Mereka dijerat Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan.

“Modus operandi, bahwa kedua pelaku mobile mencari sasaran sepeda motor yang diparkir dengan tidak dikunci stang. Kemudian, sepeda motor tersebut diambil tanpa seizin pemilik dengan cara distep,” pungkasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini