Buron 29 Tahun, Terpidana Kasus Penipuan dan Penggelapan Ditangkap Kejati Sumut

Wahyudi Aulia Siregar, Okezone · Jum'at 19 Februari 2021 06:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 19 608 2364620 buron-29-tahun-terpidana-kasus-penipuan-dan-penggelapan-ditangkap-kejati-sumut-AW6Y2dXz8N.jpg Serah terima terpidana dari Kejati Sumut ke Kejari Simalungun. (Foto : Ist)

MEDAN - Seorang terpidana kasus penipuan dan penggelapan yang buron sejak 1982 atau selama 29 tahun ditangkap Tim Tangkap Buronan (Tabur) Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut). Terpidana tersebut adalah Elperiansyah Nasution (57), warga Perumahan Taman Jasari Pakam Asri, Desa Bakaran Batu, Kecamatan Lubuk Pakam, Deliserdang, Sumatera Utara.

Dia ditangkap Jalan Sultan Serdang, Kecamatan Tanjungmorawa, Kabupaten Deliserdang, pada Kamis (18/2/2021) sore.

Penangkapan tersebut dipimpin langsung oleh Asintel Kejati Sumut, Dwi Setyo Budi Utomo. Dwi menyebutkan, Tim Tabur Kejati Sumut telah memantau di seputaran Jalan Sultan Serdang menuju arah Bandara Kualanamu.

"Selanjutnya tim menemukan sebuah petunjuk yang bersangkutan tinggal di rumah tersebut. Tim langsung mengamankan terpidana kemudian diboyong ke kantor Kejati Sumut," ucap Dwi.

Ia menjelaskan, Elperiansyah adalah DPO Kejari Simalungun dalam kasus penipuan dan penggelapan terkait Pasal 378 KUHP atau Pasal 372 KUHP. Ia telah diputus bersalah melalui Putusan Makamah Agung Nomor 2575/K/Sip/1981 tanggal 01 Februari 1982 dan dihukum dengan pidana 1 tahun 6 bulan penjara. Namun dalam akhir proses hukumnya, terpidana saat itu tidak ditahan dan kemudian melarikan diri.

Baca Juga : Buron Korupsi Pembuatan Peta Rawan Bencana Ditangkap

"Selanjutnya, terpidana diserahkan langsung ke Kejari Simalungun. Tadi sudah kita serahkan kepada Kasi Pidum Kejari Simalungun, Irvan Maulana bersama Jaksa eksekutor Augus Sinaga," tuturnya.

Baca Juga : Buron 4 Tahun, Mantan Kepala Dinas Kesehatan Kolaka Timur Ditangkap

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini