Kawanan Pembobol Mesin ATM Lintas Provinsi Ditangkap

Saeful Efendi, iNews · Selasa 09 Maret 2021 01:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 08 512 2374536 kawanan-pembobol-mesin-atm-lintas-provinsi-ditangkap-dR17pCXfsX.jpg Kapolres Klaten, AKBP Edy Suranta Sitepu saat jumpa pers (foto: iNews/Saeful)

KLATEN - Satuan Reskrim Polres Klaten menangkap kawanan pembobol mesin ATM saat beraksi di mesin ATM komplek PG Gondang Baru, Kecamatan Jogonalan pada Sabtu 6 Maret 2021 kemarin.

Mereka masing masing berinisial AP, AY, FR dan EM. 1 orang berasal dari Sidoarjo Jawa Timur, sedang 3 lainnya berasal dari Lampung.

Baca juga: Polisi Ringkus Pencuri Kartu ATM yang Kuras Uang Rp5 Juta di Surabaya

Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu mengatakan, para pelaku ini merupakan residivis dan penjahat spesialis bobol mesin ATM lintas provinsi. Setidaknya ada 19 TKP di berbagai wilayah di Indonesia yang pernah menjadi korban aksi kejahatan ini.

“Yang menjadi catatan keempat pelaku ini sudah pernah menjalani hukuman. Yang pertama di Polda Kaltim, ada 18 TKP. Kemudian di Polda Jateng 1 TKP. Ini yang sudah dihukum," kata Edy, Senin (8/3/2021).

 Baca juga: ASN Ini Bobol ATM Bermodalkan Tusuk Gigi dan Potongan Gergaji

Kemudian ada tindak pidana yang belum dihukum, berdasarkan pengembangan yang dilakukan. Ada di kota Surakarta 1 kali, kemudian pernah melakukan di Pati, di Kendal, Pemalang dan terakhir di Klaten.

Edy mengatakan, terungkapnya kasus pembobolan mesin ATM di wilayah Klaten ini bermula dari salah satu anggota Polres Klaten yang hendak mengambil uang di ATM yang terletak di di komplek PG Gondang Baru kecamatan Jogonalan, Sabtu (6/3/21) sekitab pukul 08.00 WIB.

Saat itu, petugas melihat 4 empat orang berada di sekitar mesin ATM dengan posisi 2 orang berada di dalam mesin ATM, dan 2 orang berdiri di luar mesin ATM. Karena merasa curiga kemudian petugas ini mengecek dan ternyata 4 orang tersebut akan melakukan pembobolan mesin ATM.

Petugas yang hanya seorang diri awalnya hanya mampu mengamankan satu orang, sedang tiga lainnya melarikan diri. Namun dengan koordinasi dan kerjasama yang baik, tiga pelaku lainnya berhasil ditangkap di wilayah Kecamatan Ngawen.

Dari hasil penangkapan tersebut, penyidik Sat Reskrim Polres Klaten mengamankan barang bukti diantaranya 1 unit KBM Wuling Confero warna merah, Kartu ATM BRI, stik fibber modifikasi untuk mengambil uang, tang penjepit, senter dan gembok.

Atas perbuatannya para pelaku dikenai pasal 363 KUHP Ayat (1) ke 4e, ke 5e Jo Pasal 53 Ayat (1) KUHP dengan ancaman hukuman penjara maksimal 7 tahun penjara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini