Menkes Yordania Mundur Usai 6 Pasien Corona Meninggal karena Kekurangan Oksigen

Agregasi Sindonews.com, · Minggu 14 Maret 2021 04:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 14 18 2377395 menkes-yordania-mundur-usai-6-pasien-corona-meninggal-karena-kekurangan-oksigen-6duRzVbllK.jpg Ilustrasi (Foto : Reuters)

AS SAT - Menteri Kesehatan (Menkes) Yordania Nathir Obeidat mengundurkan diri setelah ada enam pasien meninggal karena kekurangan oksigen di rumah sakit. Langkah tersebut diambil pada, Sabtu 13 Maret 2021, setelah 6 pasien virus corona meninggal di rumah sakit pemerintah ketika pasokan oksigen habis selama sekira satu jam.

“Sistem oksigen di Rumah Sakit Umum Salt di kota As-Sat dekat ibu kota Amman mati. Kepanikan terjadi di rumah sakit setelah insiden itu, ketika anggota keluarga pasien Covid-19 bergegas ke fasilitas itu untuk memeriksa kerabat mereka yang sakit,” papar media lokal.

Akibat peritiwa tersebut, polisi ditempatkan di luar rumah sakit untuk mencegah terjadinya kekacauan.

“Menteri Kesehatan saat ini sedang mengadakan pertemuan dengan para pejabat di rumah sakit untuk menentukan apa yang menyebabkan kegagalan sistem tersebut,” ungkap media lokal.

Perdana Menteri Yordania Bisher al-Khasawneh memerintahkan pihak berwenang segera membuka penyelidikan, menurut laporan Kantor Berita Yordania (Petra).

“Investigasi akan transparan dan komprehensif, dan semua detailnya akan dipublikasikan,” ujar Perdana Menteri Petra.

Baca Juga : Soal Mutasi Corona, Ahli: Virus Ini Tak Bisa Perbanyak Dirinya Sendiri

Al-Khasawneh meminta Ketua Dewan Kehakiman melakukan penyidikan melalui Jaksa Penuntut Umum, dan mengeluarkan hasil penyidikannya secara independen dan jelas untuk memastikan integritas dan integritas penyidikan.

“Setiap orang yang bertanggung jawab atas kegagalan tersebut akan menanggung konsekuensi sesuai ketentuan hukum,” ujar perdana menteri.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini