Share

Serangan Kelompok Militan Tewaskan Setidaknya 137 Orang di Niger

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 23 Maret 2021 15:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 23 18 2382733 serangan-kelompok-militan-tewaskan-setidaknya-137-orang-di-niger-dT4EyUZyGR.jpg Ilustrasi.

NIAMEY - Korban tewas dalam serangan terhadap desa-desa di barat daya Niger telah meningkat menjadi setidaknya 137 orang, kata juru bicara pemerintah, Senin (22/3/2021). Serangan itu merupakan pembantaian oleh kelompok militan, diduga sebagai yang paling mematikan dalam beberapa waktu terakhir.

"Dalam memperlakukan penduduk sipil secara sistematis sebagai sasaran sekarang, para bandit bersenjata ini telah melangkah lebih jauh ke dalam kengerian dan kebrutalan," kata Juru Bicara Pemerintah Zakaria Abdourahamane dalam sebuah pernyataan di televisi publik, sebagaimana dilansir AP.

BACA JUGA: Setidaknya 58 Tewas dalam Serangan Kelompok Militan di Perbatasan Niger

Pemerintah telah merevisi jumlah korban tewas akibat serangan itu, yang sebelumnya diperkirakan mencapai 60 orang.

Orang-orang bersenjata dengan sepeda motor menyerang Desa Intazayene, Bakorat dan Wistane dekat perbatasan dengan Mali, menembaki "segala sesuatu yang bergerak".

"Pemerintah mengutuk tindakan brutal yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak mengenal agama maupun hukum," kata Abdourahamane.

BACA JUGA: 100 Tewas dalam Serangan Kelompok Militan di Niger

Dia juga mengumumkan tiga hari berkabung nasional mulai Selasa (23/3/2021), menambahkan bahwa pemerintah berjanji untuk memperkuat keamanan di wilayah tersebut dan membawa "para pelaku tindakan pengecut dan kriminal ini" ke pengadilan.

Pembantaian itu terjadi di tengah meningkatnya serangan setelah terpilihnya Presiden Mohamed Bazoum pada akhir Februari. Pemilihannya dikonfirmasi oleh mahkamah konstitusi negara itu pada hari Minggu.

Pekan lalu, 66 orang tewas dalam serangan serupa di wilayah Tillaberi, "daerah tiga perbatasan" tempat perbatasan Burkina Faso, Niger dan Mali bertemu.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

(dka)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini