Pemilik Kuburan Meninggi Mendadak di Padang Pariaman Masih Misterius

Rus Akbar, Okezone · Jum'at 26 Maret 2021 22:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 26 340 2384784 pemilik-kuburan-meninggi-mendadak-di-padang-pariaman-masih-misterius-lB3NiReYnK.jpg Kuburan meninggi di Padang Pariaman, Sumatera Barat (Foto: Rus Akbar)

PADANGPARIAMAN - Tiga kuburan meninggi selama 15 hari di Korong Sungai Asam, Nagari Sungai Asam, Kecamatan 2×11 Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Sampai saat ini belum diketahui siapa pemilik kuburan yang berusia puluhan tahun, bahkan rapat siang tadi bersama tokoh ada, wali nagari serta alim ulama dan niniak mamak belum menghasilkan.

“Kuburan itu kuburan pandan suku Panyalai dari Datuak Rangkayo Gadang, kami tadi siang itu sudah rapat bersama utusan dari Datuak Rangkayo Gadang, wali nagari, niniak mamak dan alim ulama, hasil rapat tadi pihak pemerintah nagari belum bisa memutuskan siapa pemilik kuburan itu,” ujar Wali Korong Sungai Asam, Anwar, kepada MNC Portal Indonesia, Jumat (26/3/2021)

Baca Juga:  Heboh Tanah Kuburan Meninggi di Padang Pariaman, Ini Kata Ahli Geologi

Kata Anwar, memang ada yang mengklaim kuburan itu milik orang tertentu, namun itu belum pasti karena katanya untuk menentukan siapa pemilik kuburan itu perlu rapat bersama niniak mamak, alim ulama dan tokoh terkait soal kuburan itu. “Karena di rapat tersebut akan dibahas silsilah dari mana awalnya sampai ada kuburan tersebut,” terangnya.

Tahun lalu, ujar Anwar memang ada meninggi kuburan tersebut tapi hanya satu, tapi beberapa minggu lalu tiga kuburan meninggi 1,5 meter dari biasanya dan itu pun sekali meninggi tiga sekaligus. “Kemudian dulu kuburan itu tidak ada nisan, namun belakangan ini sudah ada saja nisannya dari batu air (sungai) entah siapa yang memberikannya,” katanya.

Anwar menambahkan, dulu memang batunya nisan itu dari batu sungai tidak ada dikasih nama. “Kalau sekarang kan beda setiap kuburan itu ada nisannya dan namanya, kalau dulu tidak seperti itu tinggal kasih batu bagian kepala dan kaki serta tidak ada namanya,” ujarnya.

Baca Juga:  Setelah Curi Motor Petani, Sepasang Kekasih Tidur di Kuburan

Akibat keanehan itu, kata Anwar banyak warga mendatangi kuburan tersebut yang meninggi mendadak. Agar tidak diinjak kuburan tersebut pemuda setempat memberikan pembatas seperti tali plastik. “Lokasi kuburan itu memang ada ratusan kuburan lain namun yang meninggi tiba-tiba itu hanya tidak dalam satu lokasi,” pungkasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini