Menlu Bertolak ke Jepang, Sepakati Kerjasama Penanganan Pandemi Covid-19

Susi Susanti, Koran SI · Selasa 30 Maret 2021 07:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 30 18 2386241 menlu-bertolak-ke-jepang-sepakati-penguatan-kerjasama-kesehatan-HYeNUyCOEm.jpg Menlu RI Retno Marsudi bertemu dengan Menteri Urusan Pemerintahan Jepang Taro Kono, didampingi dengan Dubes RI untuk Jepang Heri Akhmadi (Foto: KBRI Tokyo)

TOKYO – Pemerintah Indonesia dan Jepang sepakat akan menjalin kerjasama erat dalam penanganan pandemi Covid-19. Terutama dalam hal pembuatan vaksin Covid-19.

Hal ini diketahui saat Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi bertolak ke Jepang dan melakukan pertemuan dengan Menteri Urusan Pemerintahan Jepang Taro Kono di Tokyo Jepang, Senin (29/3).

Melalui pertemuan yang berlangsung hangat itu, kedua menteri sepakat untuk menjalin kerjasama erat dalam penanganan pandemi Covid-19 dari kedua negara, khususnya dalam hal vaksin Covid-19.

Dalam pertemuan itu, Retno menggarisbawahi pentingnya kerjasama negara-negara di dunia dalam penanganan pandemi Covid-19. Khususnya dalam hal ini kerjasama penanganan pandemi Covid-19 Indonesia dengan Jepang.

"Kita hanya bisa keluar dari masalah Covid-19 ini kalau ada kerjasama multilateral," tegas Retno melalui pers rilis Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo.

(Baca juga: Kapal Kontainer Raksasa yang Blokir Terusan Suez Berhasil Bergerak Kembali)

Sementara itu Menteri Urusan Pemerintahan Jepang Taro Kono, menyambut baik kerjasama erat kedua negara dalam penanganan pandemi Covid-19.

Kedua Menteri dalam pertemuan itu berpandangan, lndonesia dan Jepang memiliki kesamaan visi dalam memajukan multilateralisme. Diantaranya melakukan uji klinis vaksin Covid-19 yang sudah dikembangkan di Jepang. Termasuk tindak lanjuti kerja sama riset vaksin Covid-19, oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan perusahaan riset dan Universitas di Osaka Jepang.

 (Baca juga: Festival Holi di Gelar di Tengah Lonjakan Kasus Covid-19)

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini