Para Pemimpin Dunia Sampaikan Ucapan Duka untuk Kepergian Pangeran Philip

Agregasi BBC Indonesia, · Sabtu 10 April 2021 06:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 10 18 2392352 para-pemimpin-dunia-sampaikan-ucapan-duka-untuk-kepergian-pangeran-philip-QUUez9Y7ky.jpg Pangeran Philip (Foto: BBC)

JAKARTA - Para pemimpin dunia mengirimkan ucapan duka kepada keluarga Kerajaan Inggris setelah Istana Buckingham mengumumkan Pangeran Philip, suami Ratu Elizabeth II, meninggal dunia pada usia 99 tahun.

Para perwakilan kerajaan, kepala negara, dan perdana menteri yang memerintah dan yang sudah tidak lagi menjabat dari Swedia sampai Selandia Baru, mengirimkan ucapan duka.

Pangeran Philip mendampingi Ratu Elizabeth II dalam ratusan kunjungan luar negeri.

Raja Spanyol dan ratu mengirimkan telegram dengan menulis "Yang terhormat tante Lilibet" berduka atas meninggalnya "Yang terhormat om Philip."

Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengirimkan ucapan duka dengan pujian atas dedikasi pangeran "kepada rakyat Inggris, negara persemakmuran dan keluarganya", serta jasa selama Perang Dunia Kedua, menggagas upaya lingkungan dan memberi inspirasi kepada anak-anak muda.

Sementara Donald Trump, Barack Obama dan George W Bush juga mengirimkan ungkapan duka.

Ucapan duka dan penghargaan kepada Pangeran Philip juga datang dari negara-negara Pesemakmuran 54 negara yang tercakup dalam Imperium Britania dengan jumlah penduduk total 2,4 miliar jiwa.

Baca juga: Pangeran Philip, Pria yang Dedikasikan Hidupnya agar Ratu Elizabeth II Bertakhta

"Ia adalah simbol dari satu generasi yang tak akan pernah kita saksikan lagi," kata Perdana Menteri Australia Scott Morrison dalam satu pernyataan, Sabtu (10/4/2021).

Baca juga: Pangeran Philip Meninggal, Ratu Elizabeth II Akan Pakai Busana Hitam Selama Masa Berkabung

Scott Morrison mengatakan Pangeran Philip memberikan dukungan konstan kepada Ratu Elizabeth II dan memimpin puluhan organisasi di Australia.

Mantan pemimpin negara itu, Julia Gillard, mengatakan Pangeran Philip terlihat menikmati pekerjaannya walaupun dalam tugas.

PM Selandia Baru, Jacinda Ardern mengatakan, "Atas nama rakyat Selandia Baru dan pemerintah, saya menyampaikan duka cita kepada Yang Mulia dan seluruh anggota kerajaan."

Raja Swedia Carl Gustaf mengatakan Pangeran Philip adalah "teman luar biasa keluarga kami dalam jangka waktu lama, hubungan yang kami hargai".

Keluarga Kerajaan Swedia melalui juru bicara Margareta Thorgren mengatakan, raja dan pangeran pernah berlayar bersama di Inggris dan mengatakan, "Itulah awal persahabatan mereka."

Sementara keluarga kerajaan Belanda mengatakan mereka mengenang Pangeran Philip sebagai orang yang sangat dihormati.

Baca juga: Sebelum Meninggal, Pangeran Philip Sempat Jalani Operasi Jantung

"Ia mendedikasikan hidupnya untuk melayani rakyat Inggris melalui tugas dan tanggung jawabnya. Kepribadian yang menyenangkan meninggalkan kenangan yang sangat kuat."

Baca juga: Sosok Pangeran Philip, 7 Dekade Dampingi Ratu Elizabeth II Tanpa Gelar Raja

Raja Belgia Philippe mengirim pesan kepada Ratu dan mengatakan ia berharap dapat segera berbicara langsung dengan Ratu.

Perdana Menteri Narendra Modi mengatakan Pangeran Philip memiliki karier terhormat dalam militer dan menjagi penggagas dalam banyak program komunitas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini