Share

Gempa Malang Juga Buat Rusak Rumah dan Masjid di Pasuruan

Solichan Arif, Koran SI · Sabtu 10 April 2021 19:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 10 519 2392599 gempa-malang-juga-buat-rusak-rumah-dan-masjid-di-pasuruan-pPUaYgdbto.jpg Sejumlah rumah rusak akibat gempa besar mengguncang Malang (Foto : BPBD Kabupaten Malang)

PASURUAN - Guncangan gempa dengan magnitudo 6,1 yang berpusat di Kabupaten Malang Sabtu siang (10/4/2021), juga menimbulkan kerusakan sejumlah bangunan milik warga di dua kecamatan wilayah Kabupaten Pasuruan.

Dua kecamatan yang terdampak langsung tersebut adalah Kecamatan Tutur dan Kecamatan Tosari, yakni wilayah menuju kawasan wisata Gunung Bromo. Di Desa Sawiran dan Desa Gunungsari, Kecamatan Tutur, misalnya.

Sejumlah rumah milik warga berantakan. Rata rata kerusakan terjadi pada bagian atas bangunan. "Di desa Sawiran tembok rumah tetangga saya ambruk," ujar Evi (45) salah satu warga Desa Sawiran kepada MNC Portal.

Sepengetahuan Evi, dampak gempa tidak sampai menimbulkan korban jiwa di wilayahnya. Sebab saat terjadi guncangan keras, sebagian besar warga langsung berhamburan keluar rumah. "Semua langsung berlari keluar rumah," tambah Evi. Tidak hanya di Desa Sawiran.

Kerusakan rumah warga akibat gempa Malang tersebut juga terjadi di Desa Gunungsari yang bersebelahan dengan Desa Sawiran. Jumlah kerusakan di Guningsari, kata Evi lebih banyak dibanding di Desa Sawiran. Akibat guncangan keras, banyak bagian atas bangunan yang berantakan.

"Di Desa Gunungsari rumah yang rusak, kabarnya lebih banyak," tambahnya.

Evi juga mendapat kiriman foto bagian atap Masjid Kecamatan Tutur yang berantakan akibat guncangan gempa.

Baca Juga : Dampak Gempa Malang, 6 Meninggal Dunia dan Satu Luka Berat

Ibu dua anak tersebut memastikan masjid tersebut memang berada di wilayah Kecamatan Tutur. "Iya. Yang rusak bagian atapnya karena gempa. Dan itu memang masjid Tutur," kata Evi.

Rahmadhani, warga setempat menambahkan, kerusakan bangunan rumah juga terjadi di wilayah Kecamatan Tosari. Yakni di kawasan permukiman warga Tengger. Rahmadhani yang juga mahasiswi perguruan tinggi di Malang, mengaku banyak menerima informasi dari teman temanya di Tosari.

"Kabarnya di permukiman warga Tengger, banyak rumah yang rusak juga," tambahnya. Sesuai laporan BMKG, gempa yang mengguncang, berkekuatan 6,7 maghnitudo. Gempa berpusat di lokasi 8.95 LS, 112.48 BT atau 90 Km Barat Daya Kabupaten Malang. Gempa di kedalaman 25 Km tersebut tidak berpotensi tsunami.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini