Taliban dan Afghanistan Akan Lanjutkan Pembicaraan Damai di Turki

Agregasi VOA, · Rabu 14 April 2021 16:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 14 18 2394648 taliban-dan-afghanistan-akan-lanjutkan-pembicaraan-damai-di-turki-IW1Bgplciq.jpg Delegasi Taliban dalam perundingan selama pembicaraan damai di Doha, Qatar, 12 September 2020. (Foto: Reuters)

KABUL - Pemerintah Taliban dan Afghanistan akan bergabung dalam pembicaraan mendatang untuk memulai proses perdamaian di Afghanistan, demikian diumumkan kementerian luar negeri Turki pada Selasa (13/4/2021). Kedua pihak yang bertikai itu akan bergabung dengan PBB dan Qatar pada pertemuan puncak 10 hari yang diadakan Turki untuk mengakhiri konflik 20 tahun dan meletakkan dasar untuk penyelesaian politik yang "adil dan tahan lama", kata kementerian itu.

BACA JUGA: Biden Rencanakan Penarikan Pasukan AS dari Afghanistan pada 11 September

Pemerintah Turki juga mengatakan negosiasi tersebut dimaksudkan untuk "mempercepat dan melengkapi" pembicaraan intraAfghanistan yang sedang berlangsung di Ibu Kota Qatar, Doha. Pertemuan puncak itu adalah bagian dari upaya yang didukung Amerika untuk memulai negosiasi sebelum tenggat 1 Mei di mana pasukan Amerika dan NATO harus keluar dari Afghanistan.

Taliban dan Amerika Serikat (AS) menyetujui penarikan 1 Mei lebih dari setahun lalu, tetapi pemerintahan Biden mengindikasikan pada Selasa bahwa AS baru akan menarik pasukannya dari negara paling lambat 11 September, demikian diwartakan VOA.

BACA JUGA: NATO: Penarikan Pasukan Asing dari Afghanistan Tergantung pada Taliban

Pengumuman Turki bahwa Taliban akan menghadiri pembicaraan itu mengejutkan karena pada Senin (12/4/2021) juru bicara Taliban mengatakan bahwa kelompok itu tidak akan menghadiri konferensi tersebut sehingga berpotensi membatalkan upaya Amerika membuat rencana perdamaian.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini