Sempat "Diselimuti" karena Erupsi Merapi, Penutup Candi Mendut Akhirnya Dilepas

Agregasi KR Jogja, · Sabtu 17 April 2021 20:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 17 510 2396377 sempat-diselimuti-karena-erupsi-merapi-penutup-candi-mendut-akhirnya-dilepas-5D8xjN7s2v.jpg Penutup Candi Mendut dilepas (Foto: KR Jogja)

MAGELANG – Lembaran cover dari bahan terpaulin, yang menutupi atau menyelimuti bangunan Candi Mendut Magelang, pada Jumat (16/04/2021) dilepas satu per satu. Cover tersebut menutupi Candi Mendut sejak beberapa bulan lalu.

Dengan menggunakan tangga bambu cukup panjang, beberapa tenaga dari Balai Konservasi Borobudur (BKB) naik ke atas bangunan dan melepasi lembaran demi lembaran cover.

Baca Juga:  Wisata Candi Mendut, Unik dan Memikat Hati Wisatawan

Beberapa petugas BKB lainnya yang ada di halaman, dibantu masyarakat pedagang sekitar Candi Mendut maupun lainnya, membenahi dan melipat lembaran terpaulin di halaman Candi Mendut untuk kemudian setiap lembarnya dimasukkan atau disimpan dalam sebuah box container. Sebelum dilipat, lembaran cover tersebut diberi tanda khusus atau kode lokasi pemasangan.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha BKB Khanifudin Malik SSi MA di halaman Candi Mendut mengatakan penutupan bangunan Candi Mendut dengan menggunakan cover ini dilakukan sejak November 2020 lalu untuk perlindungan terhadap bencana alam erupsi Gunung Merapi. Setelah beberapa bulan ditutup, kemudian dilakukan evaluasi dan konsultasi secara berkala dengan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG).

“Dengan data-data dari BPPTKG, diputuskan cover Candi Mendut sudah dapat dibuka.

Kondisi bangunan Candi Mendut yang ditutup dengan terpal pada jarak jangka waktu lama juga perlu dibuka untuk selanjutnya perlu dilakukan langkah-langkah konservasi agar batuan penyusun Candi Mendut tetap terawatt,” katanya.

Baca Juga:  Candi Mendut Ditutupi Terpaulin Antisipasi Debu Vulkanik Merapi

Selain itu dukungan dan simpati Balai Konservasi Borobudur terhadap kondisi masyarakat sekitar yang penghidupannya bersumber dari sektor pariwisata (pedagang dan pelaku wisata lainnya) juga menjadi pertimbangan untuk membuka cover Candi Mendut. Harapannya ke depan masyarakat sekitar dan pelaku wisata juga berperan serta bersama-sama untuk menjaga dan melindungi Candi Mendut agar lestari dan dapat diwariskan kepada generasi mendatang.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini