TNI AL Gagalkan Penyelundupan 100 Kg Sabu dari Malaysia di Perairan Asahan

Yudha Bahar, iNews · Senin 19 April 2021 20:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 19 608 2397380 tni-al-gagalkan-penyelundupan-100-kg-sabu-dari-malaysia-di-perairan-asahan-jw6yJLOaY5.jpg TNI AL gagalkan penyelundupan 100 Kg narkoba. (Foto: Yudha Bahar)

MEDAN - TNI Angkatan Laut (AL) berhasil mengagalkan penyeludupan narkoba jenis pil ekstasi dan sabu seberat 100 Kiogram, melalui jalur laut pantai timur perairan Asahan Sumatera Utara, Senin (19/4/2021). Petugas juga menangkap dua orang anak buah kapal serta perahu yang digunakan untuk menyeludupkan narkoba.

Penangkapan perahu kayu yang mencoba menyeludupkan narkoba jenis sabu dan pil ekstasi dari Malaysia ini berhasil digagalkan petugas TNI AL di kawasan perairan Muara Sungai Asahan, Tanjung Balai Asahan, Sumatera Utara, Minggu malam.

Baca juga: TNI AL Tambah Satu KRI Bawa Bantuan 700 Ton Logistik Menuju NTT

Dalam penangkapan tersebut, petugas menemukan narkoba jenis sabu seberat 92,512 Kg dan 18,423 Kg pil ekstasi, dibungkus dalam karung dan viber ikan yang disembunyikan di palka perahu. 

Panglima Koarmada I, Laksamana Muda TNI A Rasyid mengatakan, tidak ada perlawanan dari kedua pelaku pemasok narkoba yang merupakan anak buah kapal dan nakhoda tersebut.

Dia mengungkapkan, para pelaku berencana mengedarkan 100 Kg sabu yang berasal dari Malaysia itu di kawasan Tanjung Balai-Asahan, Sumut.

Baca juga: Kapal Perang TNI AL Tembakkan Rudal Sejauh 70 Km Tepat Kenai Target

Guna mengelabui petugas, lanjut Rasyid, para pelaku selalu memanfaatkan jalur laut dan mengunakan berbagai jenis kapal tanpa bendera yang telah dimodif secara estafet, sehingga menyisakan sejumlah kapal tanpa awak di perairan pantai timur Sumatera. 

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kedua pelaku beserta barang bukti kapal serta narkoba jenis sabu dan pil ekstasi langsung dibawa ke Pangkalan Utama TNI AL 1 Belawan dan diserahkan ke BNN Sumut untuk diperiksa lebih lanjut.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini