Usai Putusan Bersalah Pembunuhan George Floyd, Obama Langsung Cuit Pernyataan Sikap di Twitter

Susi Susanti, Koran SI · Rabu 21 April 2021 07:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 21 18 2398148 usai-putusan-bersalah-pembunuhan-george-floyd-obama-langsung-cuit-pernyataan-sikap-di-twitter-pmGXBtQid9.jpg Mantan Presiden AS Barack Obama (Foto: Reuters)

WASHINGTONMantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama dan istri Michelle Obama langsung merilis pernyataan lewat Twitter setelah mantan polisi Derek Chauvin dinyatakan bersalah atas semua tuduhan terkait pembunuhan George Floyd.

“Hari ini, seorang juri melakukan hal yang benar. Selama hampir setahun, kematian George Floyd di bawah lutut seorang petugas polisi telah bergema di seluruh dunia - mural dan pawai yang menginspirasi, memicu percakapan di ruang keluarga dan undang-undang baru. Tetapi pertanyaan yang lebih mendasar selalu ada: apakah keadilan akan ditegakkan?,” lanjutnya.

“Dalam kasus ini, setidaknya, kami memiliki jawaban kami. Namun jika kita jujur pada diri kita sendiri, kita tahu bahwa keadilan sejati lebih dari sekadar vonis tunggal dalam satu pengadilan,” terangnya.

Obama menuliskan jika keadilan sejati mengharuskan kita menerima kenyataan bahwa orang kulit hitam Amerika diperlakukan berbeda, setiap hari. “Ini mengharuskan kita untuk menyadari bahwa jutaan teman, keluarga, dan sesama warga kita hidup dalam ketakutan bahwa pertemuan mereka berikutnya dengan penegak hukum bisa menjadi yang terakhir. Dan itu menuntut kita untuk melakukan pekerjaan yang terkadang tanpa pamrih, seringkali sulit, tetapi selalu perlu untuk membuat Amerika yang kita kenal lebih seperti Amerika yang kita yakini,” ungkapnya.

(Baca juga: Derek Chauvin Dinyatakan Bersalah Atas Pembunuhan George Floyd dengan 3 Dakwaan)

“Meskipun keputusan hari ini mungkin merupakan langkah penting dalam perjalanan menuju kemajuan, itu masih jauh dari cukup. Kami tidak bisa istirahat. Kita perlu menindaklanjuti dengan reformasi konkret yang akan mengurangi dan pada akhirnya menghilangkan bias rasial dalam sistem peradilan pidana kita. Kami perlu menggandakan upaya untuk memperluas peluang ekonomi bagi masyarakat yang telah terlalu lama terpinggirkan,” terangnya.

“Dan saat kita melanjutkan perjuangan, kita bisa mendapatkan kekuatan dari jutaan orang - terutama kaum muda - yang telah berbaris dan memprotes dan berbicara selama setahun terakhir, menyoroti ketidakadilan dan menyerukan perubahan. Keadilan lebih dekat hari ini bukan hanya karena putusan ini, tetapi karena pekerjaan mereka,” cuitnya.

(Baca juga: Kisah Paus Terapkan Lockdown dan Prokes Ketat yang Selamatkan Kota Roma dari Pandemi Hebat Abad ke-17)

Tapi Obama menegaskan jika keadilan sejati membutuhkan lebih banyak hal untuk dilakukan. Dia dan istri pun mengirimkan doa agar semua masalah ini cepat terselesaikan dengan adil.

"Michelle dan saya mengirimkan doa kami kepada keluarga Floyd, dan kami mendukung semua orang yang berkomitmen untuk menjamin setiap orang Amerika ukuran penuh keadilan yang ditolak oleh George dan banyak orang lainnya,” cuitnya.

(sst)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini