Jalur UTBK SBMPTN Telah Berlalu, Saatnya Persiapkan Diri Menghadapi Ujian Mandiri

Karina Asta Widara , Okezone · Jum'at 30 April 2021 18:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 30 1 2403677 jalur-utbk-sbmptn-telah-berlalu-saatnya-persiapkan-diri-menghadapi-ujian-mandiri-qvJ2DxKGd5.jpg Foto : Dok BTA Group

Gelombang kedua Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) berakhir pada hari Minggu (02/05/2021). Hasil UTBK akan digunakan oleh peserta dalam proses Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 yang akan diumumkan hasilnya pada Senin (14/06/2021). Hasil UTBK juga dapat digunakan untuk mengikuti jalur mandiri di beberapa PTN.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 6 Tahun 2020, jalur mandiri dapat dibuka paling banyak 30 persen untuk setiap program studi di PTN selain PTN Badan Hukum (PTN-BH). Adapun khusus untuk PTN-BH diperkenankan membuka kuota jalur mandiri hingga 50 persen.

Salah satu PTN-BH yang membuka jalur mandiri dengan kuota 50 persen untuk program studi (prodi) jenjang Sarjana (S1) Reguler adalah Universitas Indonesia (UI),yakni melalui jalur Seleksi Masuk UI (SIMAK-UI).

Proses seleksi pada SIMAK UI 2021 bagi pendaftar S1 Reguler akan didasarkan pada hasil tes tulis dan mempertimbangkan juga nilai UTBK. Tes tulis terdiri atas Tes Kemampuan Dasar dan Tes Kemampuan IPA dan atau IPS.

Tes Kemampuan Dasar terdiri atas Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Tes Kemampuan IPA terdiri atas Matematika IPA, Biologi, Fisika, dan Kimia. Adapun Tes Kemampuan IPS terdiri atas Ekonomi, Sejarah, Geografi, dan Sosiologi.

Tingkat keketatan untuk bisa diterima pada program studi S1 Reguler melalui SIMAK UI adalah yang paling tinggi diantara seleksi lainnya.

Berdasarkan data resmi yang dirilis UI, Ilmu Komunikasi dan Ilmu Hubungan Internasional merupakan dua prodi dengan tingkat keketatan tertinggi untuk rumpun Soshum dengan keketatan mencapai 1:137 dan 1:115.Adapun untuk rumpun Saintek, dua prodi dengan keketatan tertinggi adalah Program Studi Gizi dan Pendidikan Dokter dengan keketatan masing-masing 1:94 dan 1:89.

Mengingat tingginya tingkat persaingan untuk bisa diterima di UI, calon mahasiswa dituntut untuk segera mempersiapkan diri diantaranya dengan mengikuti program bimbingan khusus persiapan SIMAK UI.

Salah satu lembaga bimbingan tepercaya yang membuka kelas khusus persiapan SIMAK UI adalah BTA Group.

BTA Group menyelenggarakan kelas interaktif terjadwal dimana setiap peserta akan dibimbing langsung oleh para pengajar dan pembimbing kelas yang kompeten dan berpengalaman.

Selain itu, BTA Group memiliki sistem informasi akademik terintegrasi yang memuat video pembelajaran(baik video pembahasan teori maupun contoh penyelesaian soal), try out SIMAK UI online dilengkapi analisis setiap butir soal dan video pembahasannya, fitur forum untuk tanya jawab, serta informasi berbagai prodi. Layanan ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan belajar setiap peserta kapanpun dan dimanapun.

Nah, tunggu apa lagi? Segera daftarkan diri kamu di kelas BTA program khusus persiapan SIMAK UI 2021. Kesempatan terbatas! (CM)

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini