Jumlah Kasus Harian Covid-19 di India Dekati 400 Ribu

Agregasi VOA, · Sabtu 01 Mei 2021 05:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 01 18 2403803 jumlah-kasus-harian-covid-19-di-india-dekati-400-ribu-FeZrBEKezL.JPG Foto: AFP

INDIA - Jumlah kasus harian COVID-19 di India terus naik mendekati 400 ribu. Hari Jumat (30/4), kementerian kesehatan melaporkan 386.452 infeksi baru.

Jumlah harian kasus baru itu telah melampaui 300 ribu untuk sembilan hari berturut-turut. Media India melaporkan bahwa beberapa pakar kesehatan masyarakat meyakini bahwa jumlah aktual kasus baru mungkin setidaknya lima kali lebih tinggi daripada hitungan resmi.

Bantuan dari AS dan negara-negara lain tiba di India hari Jumat. Bantuan AS mencakup pasokan oksigen, tes diagnostik cepat, dan bahan pembuat vaksin.

Gelombang kedua virus corona telah mendorong sistem layanan kesehatan India ke ambang keruntuhan, dengan rumah sakit-rumah sakit mencapai kapasitas penuh dan kekurangan oksigen yang akut memperburuk situasi yang sudah parah. Banyak taman dan tempat parkir telah diubah menjadi krematorium darurat yang bekerja siang malam untuk membakar mayat.

Para pakar kesehatan masyarakat India menyatakan penyebaran varian virus yang lebih mudah menular, ditambah dengan dilonggarkannya restriksi terhadap kerumunan massa dalam jumlah besar sewaktu wabah tampaknya terkendali pada awal tahun ini sebagai penyebab krisis.

Hans Kluge, direktur regional Eropa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Kamis memperingatkan bahwa “sangat penting untuk menyadari bahwa situasi di India dapat terjadi di mana pun, sewaktu langkah-langkah perlindungan pribadi dilonggarkan, sewaktu ada pertemuan besar-besaran, sewaktu ada varian yang lebih mudah menular dan cakupan vaksinasi masih rendah. Ini pada dasarnya dapat menciptakan badai yang sempurna di negara manapun.”

Hanya AS yang memiliki catatan lebih banyak kasus daripada India. AS mencatat lebih dari 32 juta infeksi, sedangkan India 18,3 juta, menurut Johns Hopkins Coronavirus Resource Center.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini