WNI Dapat Fasilitas Visa on Arrival dari Pemerintah Bangladesh

Tim Okezone, Okezone · Minggu 02 Mei 2021 20:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 02 18 2404418 wni-dapat-fasilitas-visa-on-arrival-dari-pemerintah-bangladesh-sBf7XCYoR5.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Warga Negara Indonesia (WNI) yang hendak memasuki Bangladesh kini bisa menggunakan visa on arival tanpa biaya. Kebijakan itu dikeluarkan Pemerintah Bangladesh melalui keimigrasian setempat.

"Pemberian fasilitas bagi WNI ini merupakan buah perjuangan KBRI Dhaka sejak tahun 2017. Dengan fasilitas ini warga Indonesia akan semakin mudah mengunjungi Bangladesh tanpa harus mengurus visa dik kantor perwakilan Bangladesh yang memakan waktu lama, " ujar Dubes RI untuk Bangladesh Rina Soemarno dalam keterangan yang diterima, Minggu (2/5/2021).

Lewat kebijakan tersebut, seluruh pemegang paspor RI yang masih berlaku di atas enam bulan dapat mengunjungi Bangladesh selama 30 hari, tanpa perlu melakukan pengurusan visa pada perwakilan Bangladesh di luar negeri. Visa yang akan diberikan di Bandara Dhaka juga dibebaskan dari biaya.

Pemberian via tersebut merupaka timbal balik kebijakan pemerintah RI untuk warga Bangladesh atas pemberian fasilitas bebas visa yang ditetapkan melalui PP nomor 21 Tahun 2016.

Peluang tersebut, kata Rina Soemarno, bisa dimanfaatkan oleh pengusaha Indonesia yang akan memanfaatkan potensi yang bisa digali dari Bangladesh. " Dengan demikian, Indonesia diharapkan bisa terus menjadi salah satu mitra dagang uatama Bangladesh," ujanya.

Baca Juga : Undang Undang di 20 Negara Membebaskan Pelaku Pemerkosaan Menikah dengan Korbannya

Namun, pemberian fasilitas tesebut saat ini belm bisa direalisasikan karena pandemi Covid-19 di Bangladesh masih belum membaik. Sehingga pemerintah saat ini masih menutup perbatasan dan menangguhkan penerbanagan internasional dari dan ke Bangladesh.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini