Korut Tuding AS Lakukan "Diplomasi Palsu", Tolak Berunding dengan Washington

Agregasi VOA, · Senin 03 Mei 2021 17:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 03 18 2404938 korut-tuding-as-lakukan-diplomasi-palsu-tolak-berunding-dengan-washington-AG1RoaqIFI.jpg Foto: Reuters.

SEOUL - Korea Utara pada Minggu (2/5/2021) menuding Amerika Serikat (AS) melakukan diplomasi “palsu” dan menolak rencana perundingan dengan Washington. Hal itu disampaikan sehari setelah pemerintahan Biden mengatakan terbuka untuk melakukan perundingan diplomatik mengenai denuklirisasi.

“Diplomasi merupakan "papan tanda palsu" bagi AS untuk "menutupi aksinya yang bermusuhan," kata kementerian luar negeri Korea Utara dalam pernyataan yang dilaporkan kantor berita KCNA.

BACA JUGA: Pidato Pertama di Kongres, Biden Peringatkan China, Bahas Rusia dan Korea Utara

Kementerian itu juga memperingatkan Presiden Joe Biden bahwa dia membuat "kesalahan besar" dengan pendekatan yang "ketinggalan" terhadap Korea Utara.

Dalam pernyataan terpisah yang juga dilaporkan KCNA, kementerian luar negeri menuduh Biden menghina Kim Jong-Un. Ditambahkannya: "Kami telah cukup memperingatkan AS untuk memahami bahwa mereka akan rugi apabila memprovokasi kami."

BACA JUGA: Adik Kim Jong-un Beri Peringatan pada AS: Jangan Timbulkan Bau Busuk

Biden mengatakan dalam pidato pertamanya sebagai presiden dalam sidang paripurna Kongres pada Rabu (27/4/2021) bahwa dia akan menggunakan "diplomasi sebagai pencegahan keras" untuk mengendalikan ambisi nuklir Korea Utara.

Gedung Putih mengatakan pada Jumat (29/4/2021) bahwa tujuannya tetap "menyelesaikan denuklirisasi semenanjung Korea."

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini