Pertemuan G7 di Inggris Dilanda Ketakutan Setelah Delegasi India Teruji Positif Covid-19

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 05 Mei 2021 17:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 05 18 2406151 pertemuan-g7-di-inggris-dilanda-ketakutan-setelah-delegasi-india-teruji-positif-covid-19-RI2LMIbb1W.jpg Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken dan Menteri Luar Negeri India Subrahmanyam Jaishankar usai pertemuan bilateral di tengah pertemuan Menlu G7 di London, Inggris, 3 Mei 2021. (Foto: Reuters)

LONDON - Pertemuan menteri luar negeri Kelompok Tujuh, atau G7, di London, Inggris pada rabu (5/5/2021) dilanda ketakutan COVID-19 menteri luar negeri India dan seluruh timnya mengatakan mereka mengisolasi diri setelah dua anggota delegasi dinyatakan positif virus corona.

Inggris menjadi tuan rumah pertemuan tiga hari - acara G7 pertama dalam dua tahun - yang telah banyak disebut sebagai kesempatan untuk memulai kembali diplomasi tatap muka dan kesempatan bagi Barat untuk menunjukkan front persatuan melawan ancaman dari China dan Rusia.

BACA JUGA: Kasus Covid-19 di India Tembus 20 Juta

India, yang saat ini mengalami lonjakan kasus COVID-19 terparah di dunia, menghadiri G7 sebagai tamu dan akan mengikuti pertemuan pada Selasa (4/5/2021) malam dan sepanjang Rabu.

"Diberitahu kemarin malam tentang kemungkinan kasus positif Covid," kata Menteri Luar Negeri India Subrahmanyam Jaishankar di Twitter.

"Sebagai tindakan untuk sangat berhati-hati dan juga untuk mempertimbangkan orang lain, saya memutuskan untuk melakukan pertunangan saya dalam mode virtual. Itu juga akan terjadi pada Pertemuan G7 hari ini."

Pertemuan tersebut merupakan pendahulu KTT utama G7 yang akan berlangsung di sebuah resor pedesaan Inggris pada Juni. Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan para pemimpin dunia lainnya akan hadir dalam pertemuan puncak tersebut.

BACA JUGA: Takut Terinfeksi Covid-19, Anak Buang Ibunya yang Sakit di Jalanan

Seorang pejabat Inggris mengonfirmasi dua tes positif dan mengatakan seluruh delegasi India mengisolasi diri. Aturan Inggris membutuhkan periode isolasi diri 10 hari.

Delegasi India belum menghadiri tempat pertemuan puncak utama di Lancaster House, sehingga pertemuan yang dijadwalkan pada hari Rabu berjalan sesuai rencana.

Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab terlihat menyapa dan saling bertabrakan dengan anggota G7 lainnya saat mereka tiba di tempat tersebut.

"Kami sangat menyesalkan Jaishankar tidak dapat menghadiri pertemuan hari ini secara langsung," kata seorang diplomat senior Inggris sebagaimana dilansir Reuters. "Inilah mengapa kami menerapkan protokol COVID yang ketat dan pengujian harian."

Pada Selasa, foto-foto dari dalam gedung konferensi Lancaster House yang megah menunjukkan realitas diplomasi di era virus corona - delegasi dipisahkan oleh layar plastik. Foto bersama para menteri juga dilakukan dengan dengan jarak dua meter dan hati-hati.

Jaishankar dilaporkan bertemu dengan Menteri Dalam Negeri Inggris Priti Patel pada Selasa, meskipun Patel tidak harus mengisolasi diri karena pertemuan tersebut telah diadakan sesuai dengan aturan yang ada. Keduanya memakai topeng di foto itu.

India bukan anggota G7 tetapi diundang oleh Inggris ke KTT minggu ini, bersama dengan Australia, Afrika Selatan dan Korea Selatan.

Komisi Tinggi India di London tidak menanggapi permintaan komentar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini