Pohon Raksasa Ini Terus Terbakar Sejak Tahun Lalu

Susi Susanti, Koran SI · Jum'at 07 Mei 2021 11:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 07 18 2407053 pohon-raksasa-ini-terus-membara-sejak-tahun-lalu-iU3Jq2f55n.jpg Pohon raksasa sequoia terus terbakar sejak tahun lalu (Foto: National Park Service)

CALIFORNIA - Para ilmuwan dan petugas pemadam kebakaran bersama National Park Service (NPS) menemukan pohon raksasa Sequoia yang masih terus terbakar akibat insiden Castle Fire sejak 2020 lalu di California.

Melalui rilis berita, NPS mengatakan pohon itu terletak di Board Camp Grove di Taman Nasional Sequoia, sebuah daerah tanpa akses jalan setapak langsung. Namun, "mungkin masih terlihat dari Ladybug Trail".

Mike Theune, petugas informasi kebakaran untuk taman tersebut, mengatakan kepada CNN meskipun pohon raksasa yang membara bukanlah hal aneh, namun hal itu tetap jarang terjadi.

"Salah satu hal yang perlu diingat adalah Sequoia raksasa membutuhkan api agar sehat, dan mereka juga membutuhkan api itu untuk dapat meremajakan dan membuka kerucut mereka dengan benih di hutan," terangnya.

"Mereka telah beradaptasi dengan api dengan intensitas rendah, tetapi sayangnya dengan lebih dari 100 tahun kebakaran tidak terjadi di banyak daerah ini Anda memiliki penumpukan vegetasi, yang kami sebut bahan bakar, jadi ketika api benar-benar datang - terutama yang sangat intens , kebakaran yang sangat panas - sehingga bahan bakar dimanfaatkan dan intensitasnya jauh lebih banyak,” lanjutnya.

(Baca juga: Bawa Pistol ke Sekolah, Siswi Kelas 6 SD Tembaki Murid, 3 Orang Terluka)

Theune mengatakan penjaga hutan ingin semua pengunjung tetap berada di jalan setapak dan memiliki rencana untuk pendakian mereka, termasuk memberi tahu orang lain kapan dan di mana mereka akan berada.

Theune menjelaskan taman ini memiliki beberapa rencana pembakaran yang direncanakan untuk mengontrol penumpukan bahan bakar di daerah lain untuk membantu pemulihan dan pertumbuhan hutan.

"Tidak semua malapetaka dan kesuraman," ujarnya.

"Masih ada harapan, dan Taman Nasional masih menjadi tempat yang indah untuk dikunjungi dan menghabiskan waktu bersama keluarga Anda,” tambahnya.

Menurut NPS, selain penumpukan vegetasi, kekeringan dan tingkat curah hujan yang rendah juga ikut berpengaruh.

(Baca juga: Putin Puji Vaksin Covid-19 Sputnik Buatan Rusia Bisa Diandalkan Seperti Senapan AK-47)

Pejabat NPS juga mengatakan mereka lebih mengkhawatirkan keselamatan pengunjung taman saat bulan-bulan musim panas mulai mendekat.

Karena itu, pejabat NPS ingin masyarakat mengetahui bahwa polisi hutan mengetahui keberadaan pohon tersebut, sehingga tidak ada panggilan masuk ke layanan darurat.

Diketahui, California mengalami musim kebakaran terburuk yang pernah terjadi tahun lalu - kebakaran hutan di negara bagian itu menghabiskan lebih dari 4,2 juta hektar. California bersiap menghadapi lebih banyak kerusakan tahun ini karena kondisi kekeringan yang memburuk dan suhu di atas normal.

"Fakta bahwa area masih membara dan asap dari Castle Fire 2020 menunjukkan betapa keringnya taman itu," kata Leif Mathiesen, asisten petugas manajemen kebakaran untuk Taman Nasional Sequoia & Kings Canyon, dalam sebuah pernyataan.

"Dengan jumlah salju dan hujan yang rendah tahun ini, mungkin ada penemuan tambahan saat musim semi beralih ke musim panas,” ujarnya.

(sst)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini