Keren Abis! Ini Penampakan Desain Masjid Akbar Banyumas Karya Ridwan Kamil

Agung Bakti Sarasa, Koran SI · Jum'at 07 Mei 2021 15:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 07 525 2407231 keren-abis-ini-penampakan-desain-masjid-akbar-banyumas-karya-ridwan-kamil-U9OMhL3sOg.jpg Desain Masjid di Banyumas karya Ridwan Kamil. (Foto: Istimewa)

BANDUNG - Di tengah kesibukannya sebagai Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil tetap aktif sebagai arsitektur, khususnya dalam merancang masjid. Arsitek jebolan Intitut Teknologi Bandung (ITB) itu berkomitmen terus mendedikasikan ilmunya untuk merancang masjid, sesuai wasiat sang ayah, Atje Musbach Muhjidin. 

Belum lama ini, Ridwan Kamil menyita perhatian lewat hasil desainnya untuk Masjid Syaikh 'Ajlin di Gaza di Palestina yang bergaya futuristik. Telah banyak masjid keren hasil rancangannya berdiri megah di berbagai wilayah di Indonesia. 

Pria yang biasa disapa Kang Emil otu kembali menunjukkan hasil rancangan masjidnya. Kali ini, dia menampilkan rancangan Masjid Akbar Seribu Bulan yang bakal dibangun di kawasan kota baru Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Hal itu terungkap saat Kang Emil tertangkap tengah melakukan video call dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Keduanya ternyata tengah berbincang soal pembangunan Masjid Akbar Seribu Bulan. 

Foto: Istimewa

Kang Emil memang sempat diminta Bupati Banyumas Achmad Husein untuk mendesain masjid tersebut, sementara Ganjar dijadwalkan akan hadir dalam peletakan batu pertama proyek tersebut, Jumat (7/5/2021) siang ini. 

Saat berbincang dengan Ganjar, Kang Emil meggatakan bahwa konsep masjid adalah seribu bulan sabit, sehingga ada sirip mirip bulan sabit.

Baca juga: Zona Merah Covid-19, Objek Wisata di Bandung Barat dan Tasikmalaya Diminta Tutup

“Berada di daerah yang istimewa dan mudah-mudahan pembangunannya lancar dan bisa menjadi masjid kebanggaan landmark wilayahnya dan yang terpenting memakmurkan dakwah Islam di Banyumas. Luasnya saya lupa tapi kapasitas untuk ribuan jamaah, makanya jadi masjid raya," ucap Kang Emil di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat. 

Foto: Istimewa

Sebenarnya Kang Emil diundang untuk hadir dalam acara peletakan batu pertama tersebut. Namun, dia berhalangan hadir karena rutinitas kegiatan dinasnya sebagai Gubernur Jabar. Meski begitu, kata Kang Emil, dirinya telah menyampaikan potongan video ucapan atas dimulainya proyek tersebut. 

Baca juga: Mendadak Glowing, Ridwan Kamil Jawab Tantangan Warganet Pakai Half Filter Tiktok

"Hari ini saya dapat undangan groundbreaking yang akan dihadiri oleh Pak Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jateng atas undangan Pak Achmad Husein, Bupati Banyumas. Namun, karena jadwal tak memungkinkan, saya hanya mengirimkan video ucapan. Intinya, Masjid Raya Banyumas ini kebetulan Pak Bupatinya meminta saya mendesain, insya Allah akan menjadi masjid ikonik di Jateng," katanya. 

Sebelumnya, Kang Emil mengungkapkan bahwa rancangan masjid yang akan menjadi masjid terbesar di Kabupaten Banyumas tersebut terilhami dari momentum lailatur qadar.  

"Gagasannya itu dari lailatul qadar, malam turunnya Al Quran," ungkap Kang Emil saat meninjau lahan masjid tersebut, Sabtu (24/10/2020) silam. 

Menurutnya, masjid itu terdiri atas tiga bangunan, di mana masing-masing bangunan didesain menyerupai bulan sabit dengan jumlah banyak.

"Ada garis melengkung, ibaratnya begitu, itu filosofinya. Tapi yang terpenting itu harus dimakmurkan, bukan berlomba-lomba bermegah-megahan," ujarnya. 

Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan, masjid tersebut akan dibangun di lahan seluas 5 hektare di jalan baru yang menghubungkan Jalan Jenderal Soedirman dan Jalan Gerilya. Pembangunan rencananya dilakukan secara bertahap mulai Maret 2021. 

"Anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp40 miliar. Dibangun bertahap menyesuaikan kondisi keuangan daerah. Kami juga menawarkan kepada masyarakat, kalau ada yang mau menyumbang silakan," kata Husein.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini