Jamin Ketersediaan Air, Kementan Bangun Irigasi Perpipaan di Pameungpeuk Garut

Karina Asta Widara , Okezone · Selasa 11 Mei 2021 10:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 11 1 2408867 jamin-ketersediaan-air-kementan-bangun-irigasi-perpipaan-di-pameungpeuk-garut-9M9Za5dhgf.jpg Foto : Dok Okezone

GARUT - Untuk memenuhi kebutuhan air bagi pertanian, Kementan (Kementerian Pertanian) membangun irigasi perpipaan di Desa Mandalakasih, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, irigasi perpipaan akan memastikan lahan pertanian mendapatkan pasokan air yang cukup.

"Irigasi perpipaan ini juga menjadi langkah antisipasi saat menghadapi musim kemarau. Kita pastikan air bisa menjangkau petakan-petakan lahan persawahan sehingga produksi bisa terus terjaga," kata Mentan SYL Senin (10/5/2021).

Sementara Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian, Sarwo Edhy, menjelaskan jika irigasi perpipaan adalah bagian dari water management.

"Fungsi dari irigasi perpipaan tidak hanya memastikan lahan mendapat air. Dengan cara ini, kita berharap luas areal tanam bisa bertambah, termasuk bisa terjadi peningkatan produktivitas yang dapat berimbas pada peningkatan pendapatan petani," tuturnya. 

Sarwo Edhy mengatakan, irigasi perpipaan yang dibangun di Desa Mandalakasih, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, dikerjakan oleh Kelompok Tani Berkah.

"Untuk mendukung irigasi perpipaan tersebut, kita memberikan bantuan berupa pompa air berdiameter 3 inchi, dengan power 6,5 HP, dan Intake 1,4 Ltr/menit," ucapnya.

Tidak itu saja, Ditjen PSP Kementan juga membangun Rumah Pompa dengan Panjang 4 meter, Lebar 2,5 meter, Tinggi 3 meter, serta Bak Penampung yang memiliki Panjang 5 meter, Lebar 4 meter, Kedalaman 2,2 meter. (CM)

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini