Hadiri Kick Off Food Estate Sumatera Selatan, Mentan SYL : Pangan dari Sumsel untuk Indonesia

Karina Asta Widara , Okezone · Jum'at 28 Mei 2021 19:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 28 1 2416956 hadiri-kick-off-food-estate-sumatera-selatan-mentan-syl-pangan-dari-sumsel-untuk-indonesia-2YHS8MzJ9Q.jpg Foto: Dok Kementan

Ogan Ilir- Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meresmikan Kick Off Food Estate Sumatera Selatan di Pemulutan, Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Jumat (28/5/2021).

Pada peresmian tersebut, Mentan SYL didampingi Gubernur Sumsel Herman Deru, Direktur Utama PT Pusri Tri Wahyudi Saleh, para Bupati se-Sumsel, pelaku usaha dan juga Squad Tani Food Estate.

Food Estate menurut Mentan SYL merupakan program extraordinary. Pasalnya, mulai dari pemilihan benih, budidaya, panen, dan pascapanen dilakukan melalui pendampingan dan pengawasan yang melibatkan banyak pihak.

"Food Estate adalah jawaban untuk menyediakan pangan bagi 273 juta jiwa penduduk Indonesia. Stabilitas negara dipengaruhi oleh stabilitas pangan suatu daerah. Dan apa yang akan dilakukan oleh Pak Gubernur hari ini bersama jajarannya adalah upaya untuk mewujudkan hal itu. Bukan hanya bagi warga Sumsel, tapi untuk Indonesia," katanya.

Tercatat Food Estate menjadi program strategis nasional. Ini merupakan konsep pengembangan sentra produksi kawasan pangan yang berbasis korporasi dengan badan usaha tingkat petani yang mengelola usaha tani pangan mulai dari hulu hingga hilir secara berkelanjutan dan terintegrasi.

"Jadi Bapak Ibu, Food Estate ini menggunakan mekanisasi, tanam sampai panen. Ini untuk menghindari loss yang selama ini masih mencapai 11 sampai 13 persen kemudian dengan packaging yang menarik," katanya.

Mentan SYL mengapresiasi kerja keras Gubernur Herman Deru yang sudah melakukan upaya ini. Pasalnya, membangun pertanian bukan hanya menyangkut persoalan memenuhi kebutuhan makan orang tapi juga erat kaitannya dengan lapangan kerja dan memutar roda ekonomi dari mulai tingkat desa.

 BACA JUGA: Kementan Minta Petani Indramayu Manfaatkan AUTP untuk Antisipasi Gagal Panen

Berkaitan dengan hal itu, Gubernur Herman Deru pernah mendapatkan Pin Emas dari Kementan. Penghargaan diberikan atas prestasi dan komitmennya dalam pembangunan pertanian hingga membawa Sumsel menjadi provinsi lima besar penghasil beras di Indonesia dan terbesar di Sumatera. Dalam kesempatan tersebut Gubernur Sumsel menyampaikan rasa hormat dan penghargaan atas kehadiran Mentan dan rombongan.

"Dalam kurun waktu enam minggu, Pak Menteri dan rombongan sudah dua kali ke Sumsel. Ini merupakan bentuk perhatian yang luar biasa. Dan hari ini, kami ingin tunjukkan kepada Bapak bahwa semua yang Bapak perintahkan, sudah kami jalankan," tuturnya. (CM)

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini