Gedung Ambruk Akibat Hujan Deras, 11 Orang Tewas, 7 Selamat

Susi Susanti, Koran SI · Kamis 10 Juni 2021 12:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 10 18 2422970 gedung-ambruk-akibat-hujan-deras-11-orang-tewas-7-selamat-JvDWLlitJ7.jpg Gedung ambruk akibat hujan lebat (Foto: ANI)

INDIA - Sedikitnya 11 orang tewas setelah sebuah gedung bangunan tempat tinggal runtuh di kota Mumbai, India barat.

Para pejabat mengatakan upaya penyelamatan sedang dilakukan karena lebih banyak orang dikhawatirkan terperangkap di puing-puing di daerah Malad.

Investigasi telah diperintahkan tetapi seorang menteri mengatakan hujan lebat dapat menyebabkan keruntuhan pada Rabu (9/6) malam.

Runtuhnya bangunan diketahui kerap terjadi di India, terutama selama musim hujan.

Para pejabat mengatakan mereka telah mengevakuasi bangunan bobrok lainnya di daerah itu karena hujan lebat kemungkinan akan berlanjut dalam beberapa hari mendatang. Kota ini telah disiagakan karena hujan juga menyebabkan genangan air di beberapa daerah.

Polisi mengatakan bahwa 18 orang ditarik dari puing-puing tetapi hanya tujuh dari mereka yang selamat.

"Polisi akan melakukan penyelidikan yang tepat dan mengambil tindakan lebih lanjut," kata perwira senior Dilip Sawant kepada media setempat.

Saksi mata mengatakan bangunan dua lantai itu runtuh ke struktur yang lebih kecil di sebelahnya.

(Baca juga: Wabah Covid-19 Menyerang Kebun Binatang, India Tutup Semua Cagar Alam Harimau) 

"Insiden itu terjadi sekitar pukul 22:15. Saya keluar setelah dua orang meminta kami untuk meninggalkan gedung. Saat saya bergegas keluar, saya melihat tiga bangunan, termasuk sebuah pabrik susu, dihancurkan di dekat gedung kami," terang seorang penduduk setempat, dikutip surat kabar Mumbai Mirror.

Menteri Negara Bagian Maharashtra Aslam Shaikh mengatakan bahwa upaya penyelamatan akan terus dilakukan untuk mencari korban selamat yang mungkin masih terjebak di bawah reruntuhan.

"Gedung-gedung runtuh karena hujan. Operasi penyelamatan sedang berlangsung. Orang-orang yang terluka telah dipindahkan ke rumah sakit. Puing-puing bangunan sedang dipindahkan untuk melihat apakah lebih banyak orang terjebak di bawahnya," jelasnya.

(Baca juga: Perjalanan Pertama ke Luar Negeri, Biden Peringatkan Rusia Akan Hadapi Konsekuensi Kuat)

Insiden yang lebih kecil seperti runtuhnya tembok telah dilaporkan dari bagian lain kota, tetapi sejauh ini tidak ada laporan korban luka. Pakar cuaca mengatakan hujan lebat akan terus melanda kota selama beberapa hari ke depan dan daerah dataran rendah akan berisiko banjir.

(sst)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini