Usai Bolaang Mongondow, Kini Samosir Diguncang Gempa

Robert Fernando H Siregar, Okezone · Jum'at 11 Juni 2021 12:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 11 608 2423560 usai-bolaang-mongondow-kini-samosir-diguncang-gempa-Ls8aewNTVP.jpg Foto: Live Science

SAMOSIR - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan, gempa bumi mengguncang wilayah Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara, Jumat (11/6/2021) siang.

(Baca juga: Gempa Magnitudo 5,7 Guncang Bolaang Mongondow Selatan Sulut)

Sebelumnya, gempa bumi dengan Magnitudo (M) 5,7 mengguncang Bolaang Uki, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Provinsi Sulawesi Utara, pagi tadi.

(Baca juga: Viral! Tiga Bocah SD Bertaruh Nyawa Seberangi Sungai untuk Sekolah)

Hasil analisa BMKG menujukkan gempa bumi berkekuatan Magnitudo (M) 2,8 dengan episenter terletak pada koordinat 2.54 Lintang Utara dan 98.75 Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 8 kilometer Tenggara Samosir pada kedalaman 1 kilometer.

Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Hartanto menerangkan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal yang diduga akibat gempa bumi lokal berjenis swarm atau aktivitas gempa dengan magnitudo relatif kecil dengan frekuensi kejadiannya tinggi dan berlangsung dalam waktu yang relatif lama di wilayah sangat lokal, yang terjadi di Samosir.

"Guncangan gempa bumi itu dilaporkan dirasakan di Samosir II MMI atau getaran dirasakan beberapa orang, benda-benda ringan seperti lampu yang digantung bergoyang. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut,"ujar Hartanto kepada Okezone.

Hingga siang ini, kata Hartanto, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (Aftershock).

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,"tutup Hartanto.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini