Pemerintah Daerah Harus Bisa Manfaatkan Alsintan untuk Kembangkan Pertanian

Karina Asta Widara , Okezone · Minggu 20 Juni 2021 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 20 1 2428109 pemerintah-daerah-harus-bisa-manfaatkan-alsintan-untuk-kembangkan-pertanian-NB1DEJuI9s.jpg Foto: Dok Kementan

BALI - Era 4.0 sudah di depan mata, penggunaan mekanisasi untuk mendukung pembangunan sektor pertanian sudah tidak bisa dihindari. Untuk itu, Kementerian Pertanian mengajak pemerintah daerah untuk terus mengembangkan modernisasi pertanian melalui penerapan mekanisasi dengan memanfaatkan Alat Mesin Pertanian (Alsintan).

Ajakan tersebut disampaikan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo untuk para Bupati dan pengurus Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) di Nusa Dua Convention Center, Bali, Sabtu (19/6/2021).

"Semua proses pembangunan pertanian di daerah harus menggunakan mekanisasi, dalam hal ini alsintan, sebagai alat penekan losses dan alat percepatan tanam," katanya.

BACA JUGA: Alsintan Terbukti Tingkatkan Produktivitas Petani Banyuwangi

Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian, Ali Jamil, menjelaskan lebih lanjut mengenai hal tersebut.

"Alsintan adalah alat untuk membantu aktivitas produksi pertanian dari mulai tanam sampai panen. Dengan alsintan kegiatan pertanian jauh menjadi lebih efektif dan efisien, sehingga seluruh tahapan aktivitas produksi dari mulai olah lahan tanam, hingga panen dapat dilakukan dengan cepat,"tuturnya.

Ali mencontohkan dengan cara lama, olah lahan bisa memakan waktu berhari-hari dan melibatkan lebih dari tiga orang.

"Tapi dengan alsintan jenis traktor roda dua atau roda empat, olah lahan hanya butuh waktu beberapa jam dengan melibatkan seorang operator dengan demikian biaya produksi pun bisa ditekan," ucapnya.

Direktur Alsintan Ditjen PSP Kementan, Andi Nur Alamsyah, mengatakan alsintan adalah upaya untuk mengembangkan modernisasi pertanian.

"Pertanian Indonesia tidak boleh tertinggal. Di banyak negara, alsintan telah dioptimalkan untuk meningkatkan produktivitas. Kita pun mendorong agar pertanian Indonesia bisa ke arah itu dengan cara memanfaatkan alsintan. Jika produktivitas bisa ditingkatkan, kita bukan hanya bisa menjaga ketahanan pangan, tetapi juga petani bisa mendapatkan tambahan pendapatan dan meningkatkan kesejahteraan petani,"ujarnya. CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini