Ilmuan Ekuador Temukan Spesies Baru Kodok yang Dinamakan Led Zeppelin

Agregasi BBC Indonesia, · Minggu 20 Juni 2021 06:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 20 18 2427930 ilmuan-ekuador-temukan-spesies-baru-kodok-yang-dinamakan-led-zeppelin-GQFEKE0aX0.jpg Kodok spesies Led Zeppelin (foto: David Brito/Zapata)

EKUADOR - Para ilmuwan di Ekuador menemukan spesies baru kodok yang mereka namakan Led Zeppelin, berdasarkan nama band rock legendaris Inggris. Pristimantis ledzeppelin dijabarkan memiliki mata berwarna merah tembaga dan kulit berbintil-bintil berwarna kuning, cokelat, hitam, dan oranye.

Ia dapat tumbuh hingga sepanjang tiga sentimeter. Spesies ini merupakan bagian dari keluarga Pristimantis yang banyak ditemukan di hutan Cordillera del Cóndor, yang terletak di antara Ekuador bagian tenggara dan Peru bagian timur laut. Dua puluh delapan spesies Pristimantis telah ditemukan dalam dua tahun terakhir.

Baca juga:  Katak Raksasa Seukuran Bayi Manusia 'Teror' Warga Kampung

Penemuan ini, yang dilaporkan dalam makalah di jurnal Neotropical Biodiversity, menambah pengetahuan tentang keanekaragaman hayati yang unik di Cordillera del Condor, yang merupakan bagian dari kawasan ekologi paling terancam di dunia.

Baca juga:  Kodok Beracun "Serang" Kota di Florida Amerika Serikat

Khususnya wilayah Pristimantis ledzeppelin ditemukan, tulis para peneliti, adalah bagian dari konsesi tambang sebuah perusahaan multinasional.

Di wilayah tersebut terdapat aktivitas peternakan, penebangan pohon, dan pertambangan skala kecil.

"Karena tingginya endemisme Cordillera del Cóndor, spesies yang baru ditemukan ini kemungkinan besar hanya ditemukan di wilayah terbatas ini, karena itu perlu dipikirkan inisiatif jangka panjang untuk tindakan konservasi vertebrata kecil," tulis David Brito-Zapata dan Carolina Reyes-Puig.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini