Usai Hengkang, Duta Besar AS Akan Kembali ke Moskow Pekan Ini

Agregasi VOA, · Selasa 22 Juni 2021 05:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 22 18 2428820 usai-hengkang-duta-besar-as-akan-kembali-ke-moskow-pekan-ini-vHCPh2ptHf.jpg Duta besar AS untuk Rusia John Sullivan (Foto: Reuters)

WASHINGTONDepartemen Luar Negeri Amerika Serikat (Deplu AS) pada Senin (21/6) mengatakan duta besarnya akan kembali ke Moskow pekan ini setelah dua bulan meninggalkan negara itu.

Hal ini menyuarakan harapan dia akan menindaklanjuti perkembangan dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) pemimpin AS-Rusia pekan lalu dan mengurangi kemungkinan miskalkulasi.

Kedua Presiden, Joe Biden dan Vladimir Putin, pada pertemuan di Jenewa sepakat untuk mengirim lagi utusan-utusan tertinggi mereka. Duta Besar Anatoly Antonov akan terbang lagi ke AS pada Minggu (27/6).

Juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price kepada para wartawan mengatakan Duta Besar AS John Sullivan akan kembali ke Moskow pekan ini.

"Sebagian karena kami tetap berkomitmen untuk membuka saluran komunikasi dengan pemerintah Rusia, selain untuk memajukan kepentingan-kepentingan AS, juga untuk mengurangi risiko miskalkulasi antara kedua negara," kata Price.

(Baca juga: Rusia dan Pemimpin Junta Myanmar Komitmen Tingkatkan Hubungan)

Hubungan memburuk setelah Biden menjabat pada Januari dengan janji untuk bersikap lebih keras terhadap Rusia, termasuk terkait dugaan campur tangan pemilu, peretasan dan penindakan tegas terhadap para pembangkang.

Sullivan meninggalkan Moskow pada April lalu setelah AS dan Rusia saling membalas sanksi dan mengusir para diplomat.

Antonov, yang ditarik pulang pada Maret, mengatakan mengenai rencana kedatangannya ke AS bahwa "mood-nya optimistis" dan berusaha menciptakan "hubungan yang setara dan pragmatis."

(Baca juga: Korban Meninggal Akibat COVID-19 di Brasil Lampaui 500 Ribu Jiwa)

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini