Serbuan Covid Varian Delta Paksa Bangladesh Umumkan Lockdown Total

Rahman Asmardika, Okezone · Minggu 27 Juni 2021 12:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 27 18 2431580 serbuan-covid-varian-delta-paksa-bangladesh-umumkan-lockdown-total-r2lBd06CWH.jpg Foto: Reuters.

DHAKA - Bangladesh telah mengumumkan akan memberlakukan penguncian baru yang ketat mulai Senin (28/6/2021) menyusul lonjakan "berbahaya dan mengkhawatirkan" dalam kasus varian Delta COVID-19.

Semua kantor pemerintah dan swasta akan ditutup selama seminggu dan hanya transportasi terkait medis yang diizinkan, kata pemerintah Jumat (25/6/2021) malam.

BACA JUGA: Kebakaran di RS Bangladesh Tewaskan 3 Pasien Covid-19

"Tidak ada yang bisa keluar dari rumah mereka kecuali dalam keadaan darurat," tambah sebuah pernyataan yang dilansir AFP.

Juru Bicara Departemen Kesehatan Robed Amin mengatakan polisi dan penjaga perbatasan akan dikerahkan untuk menegakkan penguncian dan tentara mungkin terlibat jika diperlukan.

"Ini adalah situasi yang berbahaya dan mengkhawatirkan. Jika kita tidak menahannya sekarang, kita akan menghadapi situasi seperti India," kata Amin kepada AFP, merujuk pada lonjakan kasus di negara tetangga India pada April dan Mei.

Tingkat infeksi virus corona telah meningkat tajam sejak pertengahan Mei di Bangladesh, yang berpenduduk 170 juta jiwa.

BACA JUGA: Covid-19 Varian Delta Mengganas, Sydney Lockdown 2 Minggu

Pada Jumat pemerintah Bangladesh mencatat hampir 6.000 kasus baru dan 108 kematian, jumlah kematian tertinggi kedua dalam pandemi.

Pihak berwenang mengatakan situasi di distrik dekat perbatasan India adalah bencana besar, dengan rumah sakit di Kota Khulna dan Rajshahi kewalahan.

Sementara di negara tetangga India, jumlah infeksi Covid-19 telah turun tajam dalam beberapa pekan terakhir, dengan kurang dari 50.000 kasus baru dilaporkan pada Jumat, turun dari lebih dari 400.000 setiap hari pada awal Mei.

India saat ini memiliki lebih dari 30 juta kasus Covid-19 dengan hampir 400 ribu kematian akibat penyakit itu.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini