Tantowi: Tangani Covid-19, RI Bisa Belajar dari Selandia Baru

Susi Susanti, Koran SI · Kamis 01 Juli 2021 08:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 01 18 2433604 tantowi-indonesia-bisa-belajar-dari-selandia-baru-terkait-penanganan-krisis-covid-19-aFTSnawvvG.jpg Dubes Indonesia untuk Selandia Baru Tantowi Yahya (Foto: Facebook)

SELANDIA BARUDuta Besar Indonesia untuk Selandia Baru Tantowi Yahya mengatakan Indonesia bisa belajar dari Selandia Baru terkait penanganan krisis Covid-19.

“Satu persatu teman atau keluarga kita berpulang karena Covid-19. Kita seperti menunggu undian sooner or later kita akan mendapatkan itu. Kami mengikuti berita ini dari luar negeri dengan penuh kepedihan dan keprihatinan,” terangnya melalui rekaman video.

Menurut Tantowi ada tiga hal yang dilakukan Selandia Baru dalam menangani krisis Covid-19. Pertama, tutup perbatasan. Lalu kedua, lockdown lokal maupun nasional. Dan ketiga partisipasi masyarakat melalui tim 5 juta orang. Ini adalah jumlah keseluruhan penduduk Selandia Baru.

“Setiap orang di sini membri peran masing masing untuk mendukung pemerintah merespon penanganan Covid-19,” terangnya.

(Baca juga: Rencanakan Teror, Remaja Ini Dihukum 5 Tahun Penjara)

Dia menegaskan tidak semua orang di Selandia Baru mendukung pemerintah. Ada oposisi yang kuat di parlemen. Namun, jika sudah menyangkut kepentingan dan keselamatan bersama, tidak ada seorang pun yang memiliki pemikiran atau melakukan hal yang berbeda melawan kebijakan pemerintah.

“Barangkali poin ketiga ini menjadi sumber kesuksesan pemerintah Selandia Baru menangani Covid-19. Semoga ini menjadi insprasi bagi semua saudara kita di Indonesia. Kita harus bersatu, tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah dalam merespon Covid-19. Kita harus kompak, kerja sama, kesatuan pemikiran dan aksi untuk bersama sama keluar dari krisis,” tambahnya.

(Baca juga: Uni Eropa Pilih Terapi Antibodi dan Artritis Sebagai Obat Covid-19)

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini