Pengadilan Vatikan: 10 Orang Didakwa Penggelapan dan Penyalahgunaan Jabatan

Minggu 04 Juli 2021 12:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 04 18 2435243 pengadilan-vatikan-10-orang-didakwa-penggelapan-dan-penyalahgunaan-jabatan-stG0BPug4H.jpg Kardinal Italia Angelo Becciu dan Paus Fransiskus (Foto: Reuters)

VATIKAN - Seorang hakim Vatikan telah memerintahkan 10 orang, termasuk seorang kardinal Italia, untuk diadili atas tuduhan kejahatan keuangan.

Kardinal Italia Angelo Becciu yang diketahui menjadi kardinal berperingkat tertinggi di Vatikan yang didakwa atas tuduhan yang mencakup penggelapan dan penyalahgunaan jabatan.

Kardinal berusia 73 tahun, yang menyangkal melakukan kesalahan, terpaksa mengundurkan diri September lalu, tetapi mempertahankan gelarnya.

Tuduhan itu berkaitan dengan pembelian properti jutaan dolar dengan dana Gereja di London.

Kardinal Becciu adalah pembantu dekat Paus Fransiskus dan sebelumnya memiliki pekerjaan penting di Sekretariat Negara Vatikan, yang mengelola sumbangan Gereja.

Dia akan menghadapi pertanyaan atas kesepakatan kontroversial yang merugi untuk berinvestasi di gedung London yang mewah saat dia bertanggung jawab di sekretariat; kesepakatan itu telah menjadi subyek penyelidikan keuangan.

(Baca juga: Tekan Varian Delta, Australia Batasi Kedatangan hanya 3.000 Orang per Pekan)

 Dia diketahui membeli apartemen mewah Sloane Avenue seharga USD200 juta (Rp3 triliun) yang berasal dari uang Gereja melalui dana dan perusahaan luar negeri - kesepakatan yang dipertahankan kardinal di masa lalu.

Kantor berita AFP melaporkan dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada Sabtu (3/7) oleh orang-orang yang dekat dengannya, kardinal itu mengatakan bahwa dia adalah "korban konspirasi" dan menyatakan tidak bersalah.

(Baca juga: Kisah Penduduk Desa Dilanda Malapetaka Akibat Miras Oplosan, 30 Tewas dalam Sebulan)

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini