Kepala Uji Klinis Vaksin Sinovac Meninggal, Ridwan Kamil : Almarhumah Pahlawan di Era Pandemi

Arif Budianto, Koran SI · Kamis 08 Juli 2021 05:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 08 525 2437233 kepala-uji-klinis-vaksin-sinovac-meninggal-ridwan-kamil-almarhumah-pahlawan-di-era-pandemi-p681gh1A8a.jpg Kepala Divisi Surveilans dan Riset Klinis PT Bio Farma Dr dr Novilia Sjafri Bachtiar meninggal dunia. (Foto : Ist)

BANDUNG - Kepala Divisi Surveilans dan Riset Klinis PT Bio Farma Dr dr Novilia Sjafri Bachtiar, MKes meninggal dunia akibat Covid-19 di Rumah Sakit Santosa Bandung pada Rabu (7/7/2021). Almarhumah telah dimakamkan di Cimahi menggunakan protokol Covid-19.

Dokter Novilia adalah kepala uji klinis vaksin sinovac asal China yang saat ini sudah banyak digunakan jutaan masyarakat Indonesia. Dia bersama tim Fakultas Kedokteran (FK) Unpad telah mendedikasikan tenaga dan pikirannya untuk pengembangan vaksin di Indonesia.

Kabar meninggalnya Dokter Novilia juga mendapat perhatian Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Gubernur turut menyampaikan belasungkawa atas meningglanya Dokter Novilia.

"Turut berduka cita, atas berpulangnya Dr. dr. Novilia Sjafri Bachtiar, MKes. Kepala divisi surveilans dan Riset klinis Bio Farma," tulis Ridwan Kamil dalam akun Instagram pribadinya.

Menurut Ridwan Kamil, selain berjasa pada pengembangan uji klinis vaksin Sinovac, sepanjang karir almarhumah juga digunakan untuk mengetes belasan jenis vaksin untuk keamanan kesehatan warga Indonesia.

Baca Juga : Viral Antrean Pemulasaran Jenazah di RSUD Jombang

"Almarhumah adalah pahlawan kita di era pandemi ini. Duka cita dan doa kita untuk semua nakes dan mereka yang berpulang dalam tugasnya," lanjut Ridwan Kamil.

Pada unggahannya tersebut, Ridwan Kamil juga mendoakan agar semua yang sedang berjuang sembuh dari Covid-19. "Mari sejenak kita jeda untuk mendoakan mereka yang sudah berpulang dan mereka yang sedang berjuang," ujarnya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini