Ridwan Kamil Tegaskan Biaya Pemakaman Covid-19 di TPU Cikadut Gratis

Dicky Wismara, iNews · Senin 12 Juli 2021 08:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 12 525 2439169 ridwan-kamil-tegaskan-biaya-pemakaman-covid-19-di-tpu-cikadut-gratis-UQSD0P0g8S.jpg Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Foto: Tangkapan Layar)

BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menegaskan bahwa biaya pemakaman Covid-19 di Taman Pemakaman Umum (TPU) Cikadut, Kota Bandung tidak dipungut biaya alias gratis. Pernyataan itu disampaikan Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, setelah muncul laporan masyarakat terkait praktik pungli di TPU Cikadut.

Sebelumnya, oknum pengangkut jenazah di TPU Cikadut dilaporkan memungut biaya jutaan rupiah kepada ahli waris korban Covid-19 yang akan dimakamkan.

BACA JUGA: Sejarah di Balik Seragam "Loreng Darah" Kopassus

Ridwan Kamil mengatakan bahwa oknum petugas pemakaman tersebut telah diberhentikan dan dalam pemeriksaan pihak kepolisian. Dia juga kembali menegaskan bahwa semua biaya, mulai dari penjemputan dengan ambulans hingga pemakaman, tidak dipungut biaya.

BACA JUGA: Sosok Ibu Pertiwi Ada di Lidah Api Monas?

“Tidak boleh ada tambahan-tambahan (biaya), karena (pemakaman) tidak berbayar, dan petugas-petugas di sana baik yang tetap dan tidak tetap dibayar (gaji) bulanannya oleh pemerintah kota/kabupaten,” kata Kang Emil.

Ridwan Kamil juga meminta pemerintah daerah pemilik aset pemakaman agar meningkatkan pegawasan dan lebih proaktif dalam mendengarkan laporan warga agar pengambilan pungli oleh oknum tidak kembali terjadi.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini