Dinilai Cacat Jalankan Tugas, Camat Kei Kecil Jadi Sasaran Amuk Warganya Sendiri

MNC Portal, · Minggu 18 Juli 2021 02:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 18 340 2442322 dinilai-cacat-jalankan-tugas-camat-kei-kecil-jadi-sasaran-amuk-warganya-sendiri-w2P7trCB8F.jpg Foto: tangkapan layar.

JAKARTA – Warga yang marah melempari dan mengusir Camat Kei Kecil, Korneles Rettob saat yang bersangkutan melakukan kunjungan ke Desa Letman, Kecamatan Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara. Aksi warga itu dilakukan lantaran sang Camat dinilai cacat dalam menjalankan tugasnya.

Insiden terjadi saat Camat Korneles Rettob datang ke Desa Letman bersama Bupati Malut Muhamad Thaher Hanubun untuk meminta pengurus desa mengangkat pemalangan yang dilakukan warga secara adat pada Puskesmas Letman.

BACA JUGA: Nekat, Jambret Gasak Tas Ibu Dua Anak di Depan Markas Brimob

Melihat kehadiran camat bersama bupati, warga yang sudah marah langsung melakukan pelemparan ke arah rombongan. Camat Korneles yang ketakutan berlindung dari amukan warga yang semakin memanas.

Melihat situasi yang meningkat, bupati langsung meminta Babinsa agar mengevakuasi camat dengan mobil sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan. Situasi mulai kondusif setelah aparat TNI berhasil mengamakan camat keluar dari Desa Letman.

Warga juga sempat meminta kepada bupati agar Camat Korneles segera digantikan karena dinilai sangat buruk dalam menjalankan tugasnya.

BACA JUGA: Indah bak Surga, Ini Deretan Objek Wisata Eksotis di Kepulauan Kei

Sebelumnya, warga Desa Letman melakukan pemalangan atau sasi secara adat karena warga menilai ada keberpihakan dari pejabat atau camat yang bersangkutan kepada salah satu calon kepala desa definitif di Desa Letman.

Menyikapi pemalangan itu, Bupati Muhamad Thaher mengatakan bahwa dia menghormati warga terkait sasi tersebut. Namun dengan kondisi pandemi Covid-19 saat ini bupati meminta warga melalui Badan Seniri Ohoi (BSO) atau Badan Desa agar pemalangan segera dicabut sehingga aktivitas pelayanan publik bisa kembali berjalan normal.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini